5 Hal yang Wajib dan Tidak Boleh Dilakukan pada Hari Pertama Kerja

Setelah melalui serangkaian proses wawancara yang mendebarkan, kini Mam telah diterima kerja di tempat yang baru. Mam pun merasa tertantang dan penasaran dengan lingkungan kerja yang akan Mam hadapi. Rasa jenuh dan bosan yang Mam alami di tempat kerja sebelumnya berubah menjadi semangat membara untuk meningkatkan jenjang karir di kantor yang baru. Nah, ada beberapa hal yang perlu Mam perhatikan di hari pertama kerja. Berikut lima hal yang wajib dilakukan dan dihindari di hari pertama kerja.

Berusaha Mengingat Nama Rekan Kerja

Ingatlah baik-baik nama setiap orang yang berkenalan dengan Anda. Mengingat nama seseorang akan membuatnya dihargai. Sebaliknya, jika Mam lupa nama rekan kerja yang baru, ini akan membuatnya tersinggung karena ia berpikir Mam tidak bersungguh-sungguh berkenalan dengannya. Apa lagi jika orang ini nantinya akan lebih sering berkomunikasi dengan Mam terkait pekerjaan. Mengingat nama seseorang adalah langkah awal membangun keakraban.

Datang Lebih Pagi

Terlambat di hari pertama akan meninggalkan kesan negatif sebagai karyawan, baik bagi atasan maupun sesama rekan kerja. Untuk itu, datanglah lebih pagi. Selain untuk menghindari kemungkinan macet, datang  lebih pagi memberikan waktu lebih bagi Mam untuk mempersiapkan semuanya atau berkenalan dengan rekan kerja sebelum acara penyambutan yang formal. Dengan begitu, Mam bisa mengobrol dengan santai sambil bertanya-tanya mengenai kondisi tempat kerja yang baru.

Sedikit Bertanya dan Rajin Mencatat

Bertanya adalah hal yang positif tapi jangan berlebihan. Cukup sekali saja bertanya hal yang baru. Buat catatan kecil untuk mengingat hal tersebut. Karena jika terlalu banyak bertanya, Mam bisa dinilai sebagai individu yang kurang kreatif dan malas berusaha. Sebaliknya, jangan malu bertanya jika Mam memang mengalami kesulitan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Hindari Membuang Waktu di Media Sosial

Siapa yang tak suka media sosial? Media sosial telah berhasil menjadi pencuri waktu ulung dalam keseharian kita. Bahkan tiada hari tanpa media sosial, bukan? Walaupun begitu, jangan biarkan media sosial menjadi perusak momen hari pertama Mam masuk kerja. Mam tidak mau atasan Mam berpikir Mam suka menghabiskan waktu di media sosial, bukan? Oleh sebab itu, tahanlah diri untuk tidak membuka media sosial di hari pertama kerja. Manfaatkan waktu istirahat untuk mengenal rekan-rekan kerja Mam lebih jauh.

Jangan Sok Tahu

Meskipun Mam merasa memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan rekan kerja di tempat yang baru, sebisa mungkin jangan bersikap sok tahu. Bertukar pendapat boleh-boleh saja tapi lakukan dengan cara yang diplomatis, bukan bersikap menggurui. Dengan begitu, kalian bisa saling belajar tanpa ada pihak yang merasa tersinggung.

Kesan pertama itu penting. Jadi, sebisa mungkin Mam memberikan kesan positif kepada orang-orang di lingkungan baru. Hal tersebut akan memudahkan Mam bergaul dan menjalin pertemanan dengan mereka. Dalam bekerja, memiliki hubungan sosial yang baik sangatlah diperlukan. Selamat membangun karier yang cemerlang, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :