6 Cara untuk Tetap Produktif di Kantor Setelah Istirahat Makan Siang

Bekerja delapan jam sehari membuat kita jenuh. Meskipun ada satu jam untuk istirahat, tetapi bagi sebagian orang hal itu dirasa masih kurang. Mungkin pada empat jam pertama di pagi hari, Mam memiliki stamina kuat untuk menyelesaikan pekerjaan karena pikiran masih segar. Hal ini akan berbeda setelah jam makan siang. Lewat tengah hari, tenaga mulai surut dan pikiran mulai lelah. Alhasil, tubuh menjadi kurang produktif melakukan pekerjaan walaupun sudah makan siang. Agar Mam bisa tetap produktif bahkan setelah makan siang, lakukan tips-tips di bawah ini.

Istirahat Sebentar

Tidur di kantor saat jam istirahat tidak masalah, bukan? Tidurlah selama sepuluh hingga lima belas menit. Gunakan alarm atau minta teman Mam untuk membangunkan Mam jika waktunya tiba. Walaupun hanya sebentar, tidur selama sepuluh menit akan menyegarkan pikiran dan Mam pun bisa kembali bekerja dengan semangat.

Tidak Makan Terlalu Kenyang

Energi dan pikiran yang terkuras karena dipakai bekerja dari pagi membuat Mam merasa sangat lapar dan cenderung makan banyak saat siang hari. Lebih baik hindari ini. Jika Mam makan terlalu banyak, maka Mam akan mengantuk. Rasa kantuk ini membuat Mam merasa malas untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk bekerja. Jadi, jangan sampai tujuan makan siang untuk mengisi kembali energi justru menjadi penghambat produktivitas Mam dalam bekerja. Makan sewajarnya saja, jangan terlalu kenyang.

Jalan-Jalan

Jika lokasi pekerjaan Mam berada di tempat yang memungkinkan untuk berkeliling, misalnya untuk berjalan-jalan di area pepohonan atau jalanan yang rindang di siang hari, maka manfaatkanlah. Ini juga bisa membantu membangun mood Mam setelah empat jam bekerja. Jika tidak memungkinkan, Mam bisa berkeliling dan menyapa teman-teman yang berada di lain ruangan. Yang terpenting, usahakan agar Mam melemaskan otot-otot setelah duduk terlalu lama karena terlalu lama duduk menyebabkan Mam lelah sehingga bisa menurunkan produktivitas.

Media Sosial atau Browsing

Membaca postingan di media sosial tak hanya membuat Mam bisa update mengenai teman-teman dan berita terbaru, tetapi rasa penasaran juga bisa menghilangkan rasa kantuk Mam. Jika tidak terlalu suka, Mam bisa membuka situs-situs tertentu yang berisi video hewan lucu atau membuka video di Youtube. Dengan begitu, rasa malas akan perlahan menghilang dan Mam pun bisa mulai aktif bekerja.

Minum Kopi

Masalah utama setelah jam makan siang adalah rasa kantuk. Untuk menyiasatinya, Mam bisa minum kopi. Kafein pada kopi dapat memicu otak untuk lebih aktif sehingga Mam pun bisa lebih produktif. Jika Mam tidak suka kopi, bisa memilih alternatif buah-buahan. Mam bisa membawanya dari rumah atau membelinya di kantin.

Perbanyak Minum Air

Salah satu penyebab Mam mudah mengantuk adalah kurangnya cairan di dalam tubuh. Perbanyak minum air mineral agar keseimbangan tubuh senantiasa terjaga. Tidak apa-apa jika Mam harus bolak-balik buang air kecil, asal terhindar dari kantuk.

 

Banyak yang bisa Mam lakukan untuk tetap produktif di jam setelah makan siang. Memang itu hal-hal simpel, tapi lihat dan rasakan sendiri manfaatnnya untuk meningkatkan produktivitas Mam. Penting juga untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari agar Mam tidak mudah mengantuk ketika bekerja.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :