7 Tips Liburan Bersama Keluarga Besar

Akhir tahun menjadi waktu liburan yang ditunggu oleh semua orang. Termasuk juga Mam dan keluarga. Momen liburan ini bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga besar yang jarang bisa ditemui sepanjang tahun. Mam bisa saling berbagi cerita dan mempererat hubungan dengan keluarga besar. Jika ada rencana untuk liburan bersama keluarga besar, simak tips berikut ini agar liburan aman dan nyaman.

  1. Membuat rencana liburan

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan liburan bersama keluarga besar adalah membuat rencana liburan. Mam dan keluarga bisa membuat rencana liburan sendiri tanpa harus menggunakan jasa travel agent. Dengan begitu Mam bisa lebih leluasa membuat itinerary sendiri yang fleksibel dan mengakomodasi keinginan semua anggota keluarga. Pastikan semua anggota keluarga besar setuju dengan rencana yang dibuat agar tidak terjadi pertengkaran saat sudah berada di tempat wisata.

 

  1. Mencari tahu tentang tempat tujuan terlebih dahulu

Sebelum pergi, Mam dan keluarga harus mengumpulkan informasi terkait tempat wisata yang akan dituju. Mulai dari cara menuju lokasi wisata, fasilitas yang disediakan, aktivitas yang bisa dilakukan, harga tiket masuk, dan lain-lain. Jika memiliki beberapa tujuan wisata, usahakan untuk memilih tempat wisata dengan lokasi yang berdekatan agar lebih efisien. Pilih tempat wisata yang bisa cocok untuk semua anggota keluarga dari anak-anak hingga kakek nenek. Pilihan tempat wisata juga harus yang bisa mudah terjangkau oleh kendaraan.

 

  1. Pilih moda transportasi

Menyewa bus yang bisa menampung seluruh anggota keluarga merupakan salah satu opsi moda transportasi yang bisa dipilih. Karena seluruh anggota keluarga bisa ada di dalam satu kendaraan yang sama tanpa harus khawatir tertinggal atau saling menunggu jika menggunakan beberapa mobil pribadi. Menyewa bus memungkinkan keluarga besar sampai di tempat tujuan dalam waktu yang bersamaan. Perjalanan akan lebih aman dan nyaman.

 

  1. Mencari tempat menginap

Jika Mam berencana untuk bepergian lebih dari satu hari dan harus menginap, mencari penginapan yang tepat merupakan hal yang tidak boleh terlewat. Mam bisa mencari penginapan dengan harga murah serta bisa menampung banyak orang. Usahakan untuk mencari penginapan yang dekat dengan destinasi wisata tujuan. Jika anggota keluarga yang diajak mencapai sepuluh orang atau lebih, bisa menyewa guest house atau vila keluarga.

 

  1. Cari restoran yang besar

Selain tempat wisata dan menginap, Mam juga harus memperhitungkan tempat makan yang bisa menampung seluruh anggota keluarga. Sebelum berangkat, Mam bisa terlebih dahulu melakukan survei tempat makan yang enak dengan harga yang terjangkau serta lokasinya yang dekat dengan tempat wisata pilihan atau tempat menginap. Jika memungkinkan Mam bisa sekalian juga melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak harus mengantre atau kehabisan tempat jika bepergian saat musim liburan.

 

  1. Pilih musim yang tepat untuk pergi wisata

Saat kemarau merupakan waktu terbaik melakukan perjalanan karena akan lebih leluasa mengeksplor banyak tempat wisata indoor maupun outdoor. Jika bepergian waktu liburan jatuh saat musim hujan, harus selektif lagi dalam memilih destinasi wisata. Mam harus mencari tempat wisata indoor yang aman dikunjungi saat hujan. Memakai payung saat berwisata bukanlah hal yang efisien karena Mam dan keluarga sibuk menghindari air hujan dan tidak fokus melihat-lihat tempat wisata.

 

  1. Pilih rute dan waktu perjalanan yang tepat

Saat hari libur, akan lebih banyak orang yang juga ingin mengunjungi tempat wisata. Kemacetan menjadi hal yang tak terhindarkan saat musim liburan. Untuk itu, Mam harus tepat memilih waktu berangkat dan rute perjalanan tercepat. Bisa pergi saat malam hari atau menjelang waktu subuh agar bisa sampai tempat tujuan wisata tepat di pagi hari. selain itu perhitungkan juga waktu tempuh karena berwisata bersama keluarga akan lebih lama dalam waktu tempuh karena akan berhenti mampir ke rest area untuk buang air kecil atau istirahat.

 

Selain beberapa hal di atas, Mam juga harus sedia uang tunai tambahan untuk membeli oleh-oleh dan bersiap dengan kebutuhan mendadak yang harus dibeli saat liburan. Sebelum berangkat pastikan semua anggota keluarga besar dalam keadaan sehat dan siap untuk pergi wisata bersama,

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :