8 Rahasia Me Time untuk Ibu Hamil

Mam pasti sudah tak asing dengan istilah me time. Waktu untuk diri sendiri, kini sering disebut sebagai me time, semakin penting bagi ibu hamil terutama yang bekerja. Apalagi jika sudah memiliki anak sebelumnya, tentunya waktu harian bagi ibu hamil semakin sempit karena juga harus berinteraksi dengan anak.

Me time pada dasarnya adalah kegiatan di mana kita bisa menikmati suasana yang ada tanpa banyak campur tangan orang lain. Dalam hal ini, me time bagi ibu yang sedang mengandung adalah kegiatan di mana sang ibu dapat menikmati suasana dengan Si Kecil. Relaksasi dengan cara me time mungkin terdengar mewah, tapi sesungguhnya cukup sederhana kok, Mam.  Lebih detilnya, simak saja beberapa hal tentang me time untuk ibu hamil di bawah ini.

Meditasi sederhana

Cara paling sederhana Me Time bagi ibu hamil adalah meditasi. Inti dari meditasi adalah menarik napas panjang dan menghembuskannya perlahan selagi dalam posisi tubuh yang rileks. Dengan cara ini, oksigen yang dihirup akan lebih terasa menenangkan dan menurunkan detak jantung.

Cobalah dahulu dengan menarik napas dalam melalui hidung selama beberapa detik, menahannya sesaat, lalu menghembuskan napas dengan perlahan melalui mulut. Ulangi tahapan-tahapan ini beberapa kali sampai merasa rileks. Jika sudah terbiasa, meditasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Lebih fokus pada buah hati

Sejak usia kandungan sudah mencapai 23 minggu, bayi dalam kandungan sudah bisa mendengar suara sang ibu. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencoba ngobrol, bernyanyi atau bahkan membaca untuk Si Kecil ya, Mam. Me time ini juga sangat baik untuk menjalin ikatan antara ibu dan anak hingga kemudian hari.

Mencegah post-partum depression

Perubahan hormone saat kehamilan membuat mood ibu hamil kerap kali silih berganti. Menurut dr Tirsa Berani (SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital), dengan beban yang cukup berat ditanggung oleh ibu hamil, hal itu dapat menyebabkan post-partum depression atau depresi pasca melahirka. Jika dibiarkan saja, hal ini sangat berbahaya. Dengan melakukan me time, menurut dr Tirsa, ibu hamil dapat lebih menjalani masa-masa kehamilan dengan happy tanpa stres.

Me time sembari mencegah munculnya stretch mark

Ingin melakukan relaksasi yang juga bisa munculnya strectch mark? Caranya yakni dengan mengoleskan essential oil ke tubuh usai mandi dibarengi dengan mengajak ngobrol Si Kecil. Me time pun bisa sambil sekaligus bonding dengan sang buah hati. Essential oil selain berfungsi untuk rileks dan memberi nutrisi pada kulit, aroma yang ditawarkan berbagai macam essential juga semakin menguatkan efek relaksasi.

Pregnancy retreat

Sudah pernah mendengar pregnancy retreat? Kegiatan ini dilakukan dengan cara pergi menyepi ke suatu lokasi selama beberapa waktu, dibantu dengan seorang pendamping. Umumnya pendamping ini adalah seorang therapist/reflexologist. Adele Donaghie pernah mencoba kegiatan ini di Cotswold, Inggris, di kala ia mengandung anak ketiganya.

Di kala usia kandungan 31 minggu dan memiliki pekerjaan sambilan, ia meluangkan waktu menyepi bersama sang buah hati, dibantu oleh Heather (seorang reflexologist sekaligus ahli hipnoterapi kelahiran) dan Eliza (ahli hipnoterapi kelahiran), putri tirinya.

Adele bertemu dengan ibu yang sedang mengandung lainnya dan berkegiatan bersama selama di sana. Kegiatan mulai dari makan malam bersama, senam refleksi, sharing discussion, dan hipnoterapi memberikan bekal pengalaman berharga bagi ibu hamil sepulang dari serangkaian kegiatan ini. Pengalaman yang dibagi saat kegiatan bermanfaat guna persiapan menjelang kelahiran lho, Mam.

Mencurahkan isi pikiran ke dalam tulisan

Di saat usia kandungan sampai ke trimester ketiga, sering kali banyak pikiran yang berlalu-lalang membuat ibu hamil frustasi. Dalam me time ini disarankan agar Mam menuangkan isi pikiran yang mengganggu itu dalam tulisan dan dibarengi dengan menuliskan hal-hal apa saja yang membuat diri senang. Dengan begitu, pikiran ibu hamil bisa lebih tenang dan di saat diri menjadi gusar, serahkan tulisan-tulisan itu ke pasangan agar ia melakukan dan memberikan hal-hal yang membuat senang si ibu hamil.

Persiapan (prosesi) melahirkan

Me time yang satu ini bisa jadi berupa senam kegel, yoga, atau bahkan mencari tahu lebih lanjut berbagai hal tentang persalinan. Senam kegel dan yoga dapat mempersiapkan persalinan secara fisik, sedangkan tanya sana-sini perihal persalinan akan mempersiapkan diri ibu hamil secara psikis.

Mengurangi lelah dan letih akibat stres serta rasa nyeri dan linu

Dengan menjalankan me time seperti senam kegel atau yoga, maka Mam dapat mengurangi rasa pegal, linu saat mengandung, bahkan juga dapat mengurangi rasa sakit kontraksi pada saat persalinan. Sedangkan me time seperti bersantai mendengarkan musik, membaca, dan mengajak ngobrol Si Kecil dapat mengurangi rasa letih dan lelah akibat stres yang ada.

Menjalankan aktivitas yang membuat ibu hamil lebih rileks dan menyenangkan diri merupakan inti dari me time. Akan tetapi, me time ini akan berhasil tentunya dengan dukungan dan pengertian pasangan, keluarga, dan orang-orang terdekat ya, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :