Alasan Mengapa Ayah Juga Butuh Me Time

Selama ini kegiatan me time atau menikmati waktu untuk diri sendiri gencar disuarakan hanya untuk para ibu. Mungkin Mam atau sebagian dari ibu lainnya perah mengeluh saat suami pergi melakukan hobinya seperti futsal, basket, atau main game berjam-jam. Padahal itu merupakan kesempatan untuk para Ayah melakukan me time. Tak hanya ibu, Ayah pun juga perlu me time! Mengapa? Simak alasan mengapa Ayah juga butuh me time dibawah ini.

Ayah perlu melakukan hobi

Sebagai kepala rumah tangga, peran Ayah untuk menafkahi dan melindungi keluarga cukup besar. Di sela kesibukannya bekerja, Ayah juga kerap membantu memandikan anak atau menjaga Si Kecil saat Mam sibuk menyiapkan makanan atau kebutuhan lain. Nah, Ayah sebenarnya juga perlu waktu untuk dirinya sendiri. Untuk itu sebaiknya maklumi saja suami yang terkadang menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang mereka sukai. Bila suami suka membeli action figure, memelihara burung, bermain game, atau otomotif, biarkan saja Mam. Itu adalah salah satu cara me time-nya.

Perubahan setelah menikah

Setelah menikah apalagi mempunyai anak, posisi ayah tentu tidak lagi sebebas seperti saat masa lajangnya dulu. Saat ini semua hal dia prioritaskan hanya untuk keluarga, baik istri dan anak-anak. Kadang ayah jadi jarang bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam semenjak Mam memiliki bayi. Hampir di setiap malam dia di tengah tidurnya dia terbangun untuk membantu mengganti popok atau menggendong bayi yang sedang menangis. Suami bisa jadi sangat lelah dengan rutinitas itu. Karena itulah dia membutuhkan me time.

Me time adalah kebutuhan dasar

Suami juga butuh me time untuk menenangkan pikiran dan break sejenak dari rutinitas. Bekerja sekaligus mengurus anak juga membutuhkan jeda. Izinkan suami untuk bersosialisasi dan menyalurkan hobinya, karena hal itu merupakan kebutuhan dasar seorang manusia. Biarkan suami bermain futsal seminggu sekali, ataupun berkumpul bersama dengan komunitas motornya. Sesekali juga izinkan suami untuk touring, tapi dengan syarat tetap selalu memberikan kabar.

Ayah butuh refreshing

Dengan kesibukan pekerjaannya, Mam tidak tahu tekanan apa yang Ayah terima dari bosnya di kantor. Atau mengalami kejadian tak terduga dalam perjalanan. Wajar bila suami mengeluh. Oleh karena itu banyak Ayah yang berharap menikmati me time untuk menyegarkan pikiran dan refreshing. Terkadang dia ingin berkegiatan dan menyalurkan hobi seperti saat mereka masih dalam masa bujangan dulu.

Itu dia alasan mengapa ayah juga butuh me time. Komunikasikan dengan baik hal ini dan pastikan waktu untuk me time tidak berlebihan. Yang penting ayah tidak melupakan tanggung jawabnya menjaga dan mengurus anak di rumah. Dengan membiarkan Ayah me time dan menyalurkan hobi, hal itu bisa membuat dia semakin sayang istri lho.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :