Apa yang Harus Dilakukan Wanita untuk Memulai Usaha Baru?

Dewasa ini, mulai banyak wanita di Indonesia yang memulai usaha baru. Melihat mereka melakukan yang terbaik untuk keluarganya mungkin membuat kita merasa iri ingin memiliki usaha juga. Kenapa Mam tidak mencoba melakukannya? Ya, buatlah usaha sendiri di rumah.

Namun bagi sebagian besar wanita, membuat usaha sendiri dirasa cukup rumit dan membingungkan. Ada banyak hal yang harus dipenuhi sehingga semangat untuk membuat usaha baru jadi tidak kesampaian. Lantas, bagaimana langkah yang tepat untuk memulai usaha baru, khususnya bagi wanita? Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Mam lakukan.

Tanamkan Niat dari Hati

Mungkin hal ini terdengar cukup klise di telinga Mam. Meski demikian, niat dari dalam hati harus terbangun. Jangan karena melihat teman yang membuka usaha sendiri lantas Mam menirunya dengan alasan gengsi. Iri adalah hal yang bagus untuk melangkah maju, namun gengsi? Sama sekali bukan. Bila gengsi adalah niatan Mam yang sesungguhnya, sebaiknya mundur saja karena hal tersebut hanya buang-buang waktu dan uang saja.

Ketika Mam menemukan niatan yang sesungguhnya, saat inilah Mam harus berani melangkah. Jangan ragu, apapun yang terjadi itu sudah menjadi risiko Mam. Seorang pengusaha wanita yang sukses selalu berkawan baik dengan risiko. Jangan biarkan risiko jadi penghalang. Cukup lakukan usaha Mam tanpa ragu.

Mintalah Izin dari Suami

Suami adalah kepala keluarga. Dia berhak mengatur apa yang terjadi di dalam rumah. Maka dari itu, restu dari suami adalah sesuatu yang wajib Mam kantongi. Ungkapkan bahwa Mam saat ini ingin membuat sebuah usaha baru untuk dapat berkembang menjadi keluarga yang lebih baik. Jangan ragu mengatakan bahwa ini adalah salah satu hal yang dapat Mam lakukan untuk menambah pendapatan keluarga.

Ada yang setuju, namun tentu ada kemungkinan suami akan menolak. Bila demikian, saatnya Mam mengatakan apa yang menjadi niatan Mam. Ungkapkan bahwa Mam memang sudah memililki rencana untuk membuat usaha sendiri. Berjanjilah ketika menjalankan usaha, Mam akan berusaha sebaik mungkin. Bila perlu, jelaskan dengan gamblang usaha yang ingin Mam jalankan.

Tentukan Bidang Usaha Mam

Inilah langkah terpenting dan paling tricky dalam memulai sebuah usaha. Bagaimana mungkin Mam dapat membuat usaha baru bila Mam tidak memiliki gambaran seperti apa usaha tersebut. Pastikan juga untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam usaha tersebut. Mam wajib untuk terus belajar agar usaha Mam tetap maju. Di sinilah keuletan Mam dalam mendirikan sebuah usaha akan diuji.

Saat ini banyak bidang usaha yang dapat dilakukan oleh wanita, mulai dari bisnis kuliner, fashion, hingga retailer. Pilihlah bidang usaha yang Mam suka dan memiliki passion di dalamnya. Asal memilih bidang usaha hanya karena melihat tren sekarang hanya akan membuat Mam merasa cepat bosan. Jangan biarkan itu terjadi pada diri Mam ketika usaha tersebut nantinya sudah berjalan. Sekali lagi, hal tersebut hanya buang-buang waktu dan uang.

Jangan Ragu untuk Bertanya dan Belajar Hal Baru

Seorang pebisnis sejati harus belajar terus menerus. Jangan pernah berhenti untuk memahami apa yang terbaik bagi bisnis Mam. Bahkan lebih baik lagi bila Mam bertanya pada yang lebih berpengalaman. Bila Mam memiliki kenalan dalam bidang yang sama, jangan ragu untuk menanyakan semua hal.

Membaca buku-buku bisnis atau informasi lain terkait dengan bidang bisnis Mam juga perlu dilakukan untuk menambah wawasan mengenai usaha tersebut.

Gunakan juga kecanggihan teknologi informasi saat ini, yakni internet. Carilah info seluas-luasnya tentang bidang yang akan Mam lakukan. Jangan lupa untuk selalu update dengan informasi baru mengenai usaha Mam nanti. Ide-ide segar juga harus selalu tercipta agar usaha tetap berjalan dengan baik.

Itulah beberapa hal yang dapat Mam lakukan untuk memulai usaha baru. Kuncinya adalah bagaimana Mam dapat mengatur waktu dengan baik sehingga usaha dan pekerjaan rumah tangga tetap seimbang dan berjalan beriringan. Gagal atau berhasil bukanlah tolak ukur sebenarnya dalam membuat usaha, melainkan bagaimana Mam berani satu langkah lebih maju ketika wanita lain masih di posisi yang sama.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :