Benarkah Punya Waktu Me Time untuk Wanita dapat Terhindar dari Stres?

Mam mungkin merasa aktivitas Mam terasa padat sehingga merasa jenuh. Kejenuhan ini dapat mengantarkan Mam pada stres. Untuk itu, Mam bisa menyisihkan sedikit waktu untuk diri sendiri. Waktu untuk diri sendiri atau yang sering disebut dengan me time ini identik dengan kegiatan menyenangkan.

Tetapi, benarkah waktu me time bagi wanita dapat menghindarkannya dari stres? Berikut alasan mengapa me time baik untuk menghindarkan Mam dari stres

Menjernihkan Pikiran

Menyisihkan sedikit waktu Mam untuk me time dapat membantu otak untuk beristirahat dan kembali lebih segar. Di saat Mam disibukkan dengan aktivitas yang padat, otak Mam tidak akan memiliki waktu untuk mengembalikan kesegarannya. Saat Mam menggunakan sedikit waktu untuk diri sendiri tanpa ada gangguan, pikiran akan menjadi jernih kembali.

Saat Mam melakukan me time, perasaan Mam akan menjadi lebih baik, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal positif yang membuat pikiran menjadi lebih jernih. Emosi akan menjadi lebih stabil dan Mam tidak akan mudah marah. Dengan emosi yang stabil maka suasana hati juga akan menjadi baik dan lebih mudah terhindar dari stres.

Secara sains, saat seseorang dalam kondisi senang, tubuhnya akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini baik untuk menghilangkan stres dan merupakan pereda sakit yang alami. Dengan meningkatnya hormon endorfin, tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

Memperbaiki hubungan

Setelah Mam menyisihkan waktu untuk melakukan me time, suasana hati akan menjadi lebih baik. Di saat suasana hati membaik maka hubungan juga akan menjadi baik. Hubungan di sini tidak selalu berarti hubungan antara pasangan, tetapi juga hubungan dengan orang tua, saudara, teman, hingga hubungan dengan diri sendiri.

Di saat seseorang merasa stres akan ada kecenderungan untuk menarik diri dari lingkungan. Hal ini akan membuat hubungannya dengan sekitar menjadi renggang. Me time dengan teman atau ibu akan membuat hubungan menjadi lebih baik. Berkomunikasi dengan teman dan orang terdekat juga akan menstimulasi hormon endorfin yang dapat meredakan stres.

Mengistirahatkan tubuh

Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengalami gejala-gejala yang menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini tidak hanya dirasakan secara fisik tetapi juga kejiwaan. Gejala yang umum dirasakan adalah pusing, rasa sesak di dada, otot yang kaku, dan mulas pada perut. Pada kejiwaan, orang yang stres akan cenderung merasa cemas dan mudah marah.

Dengan melakukan me time seperti pergi ke salon atau spa, berolahraga, melakukan hobi atau bahkan sekadar tidur dengan waktu yang cukup, Mam dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran yang penat. Saat tubuh dalam kondisi istirahat, maka sel-sel akan mudah beregenerasi dan hormon-hormon yang dapat menyebabkan perasaan bahagia akan muncul.

Dengan demikian, menyisihkan waktu untuk me time dengan beristirahat baik untuk menghindarkan Mam dari stres. Di samping itu, istirahat yang cukup juga akan membuat aliran darah menjadi lebih stabil, sehingga baik untuk kesehatan Mam.

Di atas tadi merupakan alasan mengapa me time baik untuk menghindarkan Mam dari stres. Seperti yang dapat Mam lihat, me time memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Mam terhindar dari stres. Sisihkanlah sedikit waktu Mam dari padatnya aktivitas untuk me time. Jadi Mam, jangan lupa bahagia dengan me time ya!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :