Empat Pantai di Jawa Barat untuk Rekreasi Bersama Keluarga

Menikmati lelahnya matahari yang telah berjam-jam menyinari dunia, mendengarkan deburan ombak ditemani angin sore, dan bercengkerama dengan penghuni laut yang beraneka macam adalah hal yang Mam bisa temukan di pantai. Pantai memang selalu menjadi tempat kesukaan semua orang untuk kembali menyapa alam. Jadi, sesekali menikmati pantai bersama keluarga merupakan ide menarik untuk liburan mendatang!

Hanya saja, Mam harus ke pantai mana? Untuk Mam yang tinggal di Pulau Jawa, pantai cantik memang jarang terdengar. Kalaupun ada, biasanya sudah terlalu ramai pengunjung, kotor, atau kurangnya fasilitas yang mendukung. Namun jika Mam mau menilik lebih dalam, terdapat beberapa pantai tersembunyi yang bisa Mam nikmati bersama keluarga, dan semuanya terletak di Jawa Barat. Berikut diantaranya:

  1. Pulau Biawak, Kabupaten Indramayu

Komodo, kadal raksasa di dunia ini memang terkenal hanya menghuni Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Tetapi, siapa sangka Mam bisa bertemu dengan ‘sepupu’ mereka hanya 40 km dari pantai utara Indramayu? Berawal sebagai tempat lokasi penelitian milik pemerintah dan tidak terbuka untuk umum, saat ini Mam sekeluarga bisa bebas menikmati para biawak lalu lalang di hutan bakau. Tidak lupa, Pulau Biawak menyajikan wisata bahari yang tidak kalah apik dengan Pulau Komodo. Air bening, pasir putih, taman laut yang lengkap dengan terumbu karang, serta ikan-ikan hias siap memanjakan mata Anda. Oiya, Mam. Pulau ini juga memiliki setidaknya dua nama lain, yaitu Pulau Rakit dan Menyawak. Jadi, Mam tidak perlu berdebat ketika orang menyebut nama lain selain Pulau Biawak, ya.

  1. Puncak Guha, Kabupaten Garut

Pantai ini berada dekat sekali dengan Pantai Rancabuaya lho, Mam. Jadi Anda bisa menjadikan satu paket perjalanan saat berkunjung ke tempat ini. Walaupun Puncak Guha tidak menyajikan pasir landai yang dihiasi dengan ombak, hal ini termaafkan karena pemandangan indah seputar wilayah pantai sekitarnya disajikan dari tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan lautan. Puncak Guha cocok sekali untuk Mam sekeluarga yang ingin menikmati terbenamnya matahari. Selain itu, pertunjukkan ratusan kelelawar yang beterbangan keluar dari gua di bawah tebing saat sunset menjadi alasan lain Mam harus ke tempat ini. Tidak heran Dewi Lestari menulis “…terpana melihat ratusan kelelawar yang tiba-tiba mengepak bersamaan dari bawah tebing, membentuk segomplok awan hitam yang sejenak memenuhi langit” dalam novel larisnya, Perahu Kertas.

  1. Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut

Seperti tadi yang sempat disebutkan di atas, letak pantai ini hanya 2 km atau 10 menit dari Puncak Guha. Pantai ini menjajankan batuan karang yang tersebar luas sehingga banyak ikan-ikan kecil terperangkap di karang-karang tersebut akibat terbawa ombak. Selain itu, ciri khas Rancabuaya lainnya adalah adanya dermaga bagi puluhan perahu ikan yang memungkinkan Mam sekeluarga membeli ikan fresh from the sea. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka Pantai Rancabuaya memiliki ombak yang cukup besar. Jadi harus berhati-hati ya, Mam.

  1. Pantai Pangumbahan, Sukabumi

Jika Mam sekeluarga memimpikan bermain air dan membuat istana pasir di pantai, Pantai Pangumbahan bisa menjadi salah satu alternatif. Selain itu, pantai ini kaya akan (pasir yang mengandung) silika dan memiliki vegetasi pandan yang rimbun sehingga dipilih oleh penyu hijau sebagai tempat memijah. Mam juga bisa mengajak Si Kecil untuk wisata edukasi ke Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan, tempat penyu hijau ditangkarkan mengingat hewan ini ditenggarai sebagai hewan yang terancam punah.

Jawa Barat pun ternyata memiliki pantai yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai terkenal yang berada di daerah lainnya. Oleh sebab itu, yuk segera mencari tanggal, cocokan jadwal, dan langsung berlibur ke pantai-pantai tadi!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :