Mam Suka Menulis? Simak 5 Tips Agar Mam Tetap Produktif

Menjadi seorang ibu berarti Anda harus siap untuk mengemban tugas yang cukup berat yakni menjalani kewajiban sebagai istri dan juga sebagai seorang Ibu yang kelak akan menjadi contoh bagi anak-anaknya. Mam, meskipun begitu bukan berarti Anda tidak bisa menjalani peran Anda sebagai diri Anda sendiri. Setelah menjadi seorang Ibu dan Istri Anda masih bisa tetap menjalani apa saja hal yang disukai atau melakukan hobi. Bahkan melakukan hal-hal yang disukai justru bisa menjadi penyemangat dan penghilang strees Anda untuk menyambut hari esok kembali sebagai Ibu dan juga Istri. Nah, khusus untuk Anda yang gemar menulis, berikut beberapa tips agar bisa menjadi penulis produktif meskipun sudah menjadi seorang Ibu.

Awali dengan Menulis Hal-hal yang Anda sukai

Menjadi seorang penulis itu susah-susah gampang. Oleh karena itulah jika memang Anda ingin menulis untuk mengisi kekosongan atau menghilangkan stress, mulailah untuk menulis hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Jika Anda suka dengan memasak, buatlah tulisan mengenai tips memasak, resep-resep, wisata kuliner, dan juga lainnya. Topik tulisan tersebut memang bisa beragam, jadi ketika Anda punya topik lain silahkan saja dibuat, hitung-hitung menambah karya Anda.

Kenali tujuan Anda Menulis

Menulis memang bisa saja dijadikan sebagai wadah untuk menghilangkan stress, tapi dari menulis Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Ketika tujuan Anda untuk menghasilkan uang, pastikan Anda sudah memiliki hasil karya yang berkualitas dan juga diperlukan konsistensi agar karya tersebut tetap bisa menghasilkan uang. Tetapi kalau memang tujuannya hanya untuk mengisi kekosongan pun tidak apa, tulisan Anda akan tetap bermanfaat bagi orang lain.

Membagi Waktu antar Keluarga dan juga Karya

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi penulis di rumah, pastikan Anda sudah bisa membagi waktu Anda antara keluarga dan juga karya tulisan Anda. Pembagian waktu ini bergantung pada berapa banyak yang akan Anda tulis. Jika Anda menjadi penulis lepas dan memiliki target tulisan tertentu, mungkin Anda bisa mengerjakan ketika kewajiban Anda sebagai ibu sudah diselesaikan terlebih dahulu.

Tapi kalau memang Anda menulis hanya untuk diri sendiri, Anda juga bisa mengerjakan tulisan tersebut kapanpun, bahkan ketika anak-anak Anda sedang sekolah atau tidur. Tetapi ingat, tubuh Anda juga perlu istirahat, pembagian waktu yang cerdas tentunya juga bisa membuat Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Keluarga juga harus Anda prioritaskan, karena Anda juga memegang peran sebagai ibu dan juga istri.  

Minta Feedback terhadap Tulisan

Sebuah karya tulis yang baik merupakan karya yang tidak diciptakan dalam waktu yang singkat, tetapi membutuhkan sebuah proses yang cukup panjang seiring berjalannya waktu. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda adalah dengan meminta feedback terhadap tulisan tersebut. Bahkan akan lebih menarik lagi jika tulisan Anda mampu dijadikan sebagai diskusi dan topik pembicaraan dari para pembacanya, hal tersebut berarti bahwa tulisan Anda sudah memiliki Impact yang baik.

Lakukan saja!

Jika memang Anda punya impian menjadi seorang penulis handal atau sekedar ingin menjadi seorang ibu rumah tangga yang produktif sebagai penulis, lakukanlah. Jangan sampai Anda hanya bersemangat pada awalnya saja dan melempam beberapa waktu setelahnya. Jangan berpikir terlalu jauh, lakukan dan tulis apa saja yang ada di benak Anda. Biarkan kegiatan tersebut mengalir, terima semua masukkan yang diberikan, hingga akhirnya tanpa disadari Anda sudah menjadi penulis yang hebat.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjadi seorang ibu sekaligus penulis produktif yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya membahagiakan diri karena Anda melakukan hal yang Anda sukai, tetapi ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil dari sebuah tulisan. Selain memiliki karya, Anda juga bisa belajar mengenai kemampuan manajemen waktu yang baik, menghasilkan uang tambahan, menambah ilmu, dan masih ada banyak lagi.  

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :