Hidupkan Kembali Hobi Mam Dengan Cara Ini

Mam, menjadi seorang ibu terkadang sering membuat Anda lupa untuk memperhatikan diri Anda karena prioritas Anda tidak hanya untuk Anda ataupun suami, melainkan untuk anak dan juga keluarga. Ketika prioritas Anda sudah berubah, Anda tentu akan selalu mengutamakan keluarga Anda hingga merelakan banyak hal untuk prioritas tersebut, salah satunya hobi Anda. Terkadang waktu selama 24 jam dalam sehari terasa kurang untuk melakukan segala sesuatu mulai dari pekerjaan, mengurus keluarga, dan juga hobi. Lalu bagaimana cara yang dapat Anda lakukan guna menghidupkan hobi yang telah lama Anda tinggalkan.

Membuat Jadwal Kegiatan

Berbicara antara hobi, keluarga, dan juga pekerjaan sebagian besar permasalahannya ada pada bagaimana Anda mengatur waktu untuk dapat melakukan semua hal tersebut. Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati waktu tersebut yakni dengan cara membatasi kegiatan yang dapat Anda lakukan dalam sehari atau melakukan semua kegiatan tersebut dalam satu hari dengan cepat. Agar dapat melakukannya Anda harus membuat jadwal kegiatan Anda pada setiap harinya, mulai dari pekerjaan di rumah, keluarga, pekerjaan di kantor dan juga hobi Anda. Efektifkan waktu agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Tentukan kegiatan mana yang harus Anda kerjakan lebih dulu dengan menggunakan skala prioritas Anda.

Atur Waktu dalam Melakukan suatu Kegiatan

Anda bisa saja menentukan waktu misalnya selama 10-15 menit untuk menyapu rumah, membersihkan kamar mandi ataupun mengecek pekerjaan Anda di kantor. Anda juga dapat memanfaatkan alarm atau timer ketika melakukan sesuatu, sehingga kegiatan yang Anda lakukan dapat terorganisir dengan baik. Setelah satu kegiatan Anda selesai, bergegaslah untuk melakukan kegiatan lain yang sudah Anda jadwalkan. Dengan jadwal dan displin waktu seperti ini tentu, Anda dapat melakukan hobi ataupun pekerjaan Anda secara sekaligus tanpa harus mengorbankan kegiatan Anda yang lain.

Istirahat dengan  Waktu yang Cukup

Mam, mampu melakukan banyak hal sekaligus hendaknya membuat Anda sadar, bahwa Anda bukanlah sebuah robot yang dapat bekerja tanpa henti. Memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas adalah hal yang paling penting setelah Anda menentukan jadwal dan prioritas Anda. Istirahat dengan waktu yang cukup dan berkualitas tentu dapat membantu tubuh Anda tetap fit untuk melakukan aktivitas padat Anda lainnya. Jangan sampai Anda memaksa diri Anda untuk melakukan segala sesuatu hingga akhirnya Anda terjatuh sakit. Kesehatan  Anda jauh lebih penting dibandingkan hal lainnya,Mam.  Segeralah beristirahat ketika Anda merasa lelah dan jangan tidur terlalu larut malam.

Memiliki Quality Time

Ketika hari libur, aturlah waktu Anda bersama keluarga Anda sebagai quality time. Anda dapat menggunakan waktu quality time ini untuk melakukan hobi Anda bersama keluarga Anda, ajaklah mereka mencoba dan masuk ke dalam hobi Anda. Jika hobi Anda adalah masak, ajaklah pula keluarga Anda untuk membantu Anda ketika memasak, kegiatan tersebut juga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan secara bersama. Melalui quality time keharmonisan keluarga Anda akan tetap terjaga meskipun masing-masing telah memiliki kesibukkan yang berbeda.

Mam, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkan kembali hobi Anda setelah menjadi seorang ibu. Anda memang boleh melakukan hobi, namun jangan sampai Anda melupakan peran Anda sebagai istri dan juga ibu. Semoga bermanfaat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :