Inilah 5 Manfaat Jika Ayah Dekat dengan Anak

Menjadi seorang ayah bukanlah hal yang mudah. Selain sebagai kepala rumah tangga, ayah harus mampu melindungi serta menjadi panutan bagi sang anak. Jika anggapan selama ini mengasuh anak hanya urusan ibu, maka anggapan tersebut harus kita rubah Mam. Karena kedekatan ayah memiliki manfaat dan andil besar dalam membentuk tumbuh kembang anak. Adapun manfaat tersebut bisa Mam simak ulasannya dibawah ini.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kedekatan anak dengan ayah mampu meningkatkan kecerdasan. Mereka merasa tenang jika kedua orang tuanya ada di rumah. Tak jarang karena kesibukan urusan kerja, ayah jarang di rumah. Kehadiran ayah membawa ketenangan bagi anak dan lebih fokus serta bersemangat belajar di rumah maupun di sekolah. Sehingga dari kebiasaan belajar inilah nantinya kecerdasan anak akan terasah Mam.

Psikolog anak dari Universitas Tarumanegara Naomi Soetikno, menjelaskan bahwa anak usia 0-2 tahun yang bermain bersama ayah membantu perkembangan sensor motorik. Sedangkan pada usia 2-5 tahun membantu perkembangan logika anak.

Menjadikan Anak sebagai Sosok yang Mandiri

Di masa pertumbuhan anak, peran ibu sangat penting. Tetapi bukan berarti peran ayah tidak penting Mam. Ayah yang peduli pada anaknya akan memberikan nasihat-nasihat membangun dengan kata-kata lembut. Tujuannya tidak lain agar anak menjadi pribadi mandiri dan tidak manja. Selain menasihati, ayah biasanya juga mencontohkannya lewat tindakan kecil Mam. Semisal, ayah akan membiarkan anaknya untuk membuka sepatu sendiri. Didikan ayah seperti ini membawa dampak positif pada kehidupan anak saat beranjak dewasa tanpa menggantungkan pada orang lain Mam.

Lebih Menghargai Lawan Jenis

Orang tua adalah sosok pertama yang mengajarkan tentang lawan jenis ke anak. Bagaimana mereka menjelaskan perbedaan sifat antara pria dan wanita serta memperlakukan lawan jenis. Ayah senantiasa memberikan nasihat kepada anak laki-lakinya untuk bersikap lembut pada perempuan. Begitu pula cara ayah mendidik anak perempuannya agar tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu laki-laki. Tidak hanya itu saja Mam, ayah juga mengajarkan anak lebih tangguh dan percaya diri lho.

Anak Lebih Tangguh dan Percaya Diri

Sebagai sosok pelindung dan pengayom keluarga, sosok ayah mampu memberikan kenyamanan pada anak. Dengan begitu anak merasa lebih nyaman, aman untuk mencoba hal baru saat bermain. Momen bermain bersama tersebut akan selalu dikenang oleh anak Mam. Karena walaupun dinasihati, nasihat tersebut akan selalu membekas. Anak pun akan mencontoh sikap tangguh sang ayah dalam melakukan aktivitas saat anak sudah dewasa.

Emosi Anak Lebih Stabil

Hasil penelitian Father Involvement Research Alliance menunjukkan cenderung memiliki tingkat emosi yang stabil. Ayah cenderung mengajak anak untuk bermain dengan logika. Anak juga mudah bergaul dengan orang lain. Semakin sering mereka berinteraksi, pola pikir anak akan semakin terbuka, tidak kaku. Dengan begitu mereka lebih tenang dan berpikir logis menghadapi segala permasalahan tanpa mengedepankan emosi sesaat.

Begitu besar bukan Mam manfaat ayah dekat dengan anak? Alangkah baiknya jika Mam dan ayah bisa membagi waktu untuk bersama Si Kecil agar mereka senantiasa merasa nyaman bersama keluarga tercinta.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :