Tips Ibu Rumah Tangga yang Ingin Kuliah Kembali

Di era modern seperti sekarang, banyak sekali pria paruh baya atau ibu rumah tangga yang melanjutkan kuliah. Bahkan ada yang sudah berumur 40 tahun dan masih ingin melanjutkan kuliah. Jadi, jika Mam yang sudah berumur tetapi masih ada keinginan untuk melanjutkan kuliah dan Mam tidak percaya diri, kami di sini akan menjelaskan bagaimana tips ibu rumah tangga yang ingin kuliah kembali. Simak di sini tipsnya.

Pastikan dana yang Mam butuhkan itu pas

Tips pertama adalah masalah dana. Bagi beberapa orang, masalah dana menjadi hal utama yang dipertimbangkan ketika hendak melanjutkan kuliah. Apalagi sekarang dana kuliah sangat mahal dan jangan sampai ketika kuliah akan membebankan urusan yang lain. Tidak hanya itu, Mam juga harus menyiapkan dana seperti membeli buku, transportasi, dan keperluan lain untuk mencari bahan perkuliahan.

Pastikan jadwal kegiatan Mam

Jika Mam bekerja, Mam harus benar-benar pintar mengatur waktu antara berumah tangga, bekerja, dan kuliah. Pastikan jam kerja Mam ini tidak berubah-ubah agar tidak berbenturan dengan jadwal kuliah. Lalu, untuk kegiatan berumah tangga, Mam bisa melakukannya di pagi hari sebelum anggota keluarga lain bangun. Ketika Mam sudah memastikan jadwal kegiatan rumah tangga dan bekerja, Mam tinggal menyesuaikan jadwal kuliah.

Manfaatkan waktu luang dengan belajar

Kuliah saat sudah berumah tangga ini sangat berbeda kondisinya dengan kuliah dulu. Jika dulu Mam masih bisa belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan, maka sekarang situasinya sangat berbeda. Mam akan disibukkan dengan kegiatan rumah tangga atau pekerjaan kantor. Oleh karena itu, jika ada waktu luang sedikit, Mam harus langsung memanfaatkannya untuk belajar. Membuka kembali buku kuliah dulu akan me-refresh kembali otak Mam agar tidak kaget menghadapi bangku kuliah nantinya.

Istirahat yang cukup

Tips terakhir adalah istirahatlah yang cukup setiap harinya. Kondisi fisik dan stamina akan sangat berbeda jika dibandingkan masa kuliah dulu waktu muda, jadi Mam harus benar-benar memperhatikan kondisi badan. Beristirahatlah yang cukup setiap hari, makan makanan yang sehat, dan jangan lupa untuk berolahraga.

Keempat tips di atas ini bisa Mam lakukan 6-12 bulan sebelum perkuliahan dimulai untuk membiasakan diri. Dengan begitu, Mam terbiasa dan tidak kaget menghadapi rutinitas dengan jadwal yang sangat padat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :