Berapa Seharusnya Mam Melakukan Investasi Setiap Hari?

Mam, menjadi seorang ibu memang tidak pernah mudah, Anda harus dituntut untuk mampu bekerja sekaligus menjadi seorang ibu rumah tangga yang bisa merawat anggota keluarganya dengan baik. Tidak heran pula kalau banyak masyarakat yang menuntut para wanita untuk bisa mampu menjadi ibu rumah tangga yang baik dan tidak perlu mengkhawatirkan tentang ekonomi karena hal itu sudah menjadi urusannya kaum lelaki atau sang suami.

Mam, tinggalkan pola berpikir seperti itu! Kini zamannya emansipasi wanita, Anda pun bisa saja mengambil peran penting dalam perekonomian keluarga. Salah satunya adalah dengan cara berinvestasi, berani tidak, Mam? Investasi memang terdengar seperti hal yang mengerikan karena sebagian besar anggapan masyarakat yang mengatakan berinvestasi itu membutuhkan modal yang sangat bayak. Kata siapa,Mam? Berkut penjelasan berkaitan dengan investasi yang bisa dilakukan oleh Mam.

Berapa Banyak Uang yang Bisa Diinvestasikan?

Mam, permasalahan dana memang menjadi sebuah momok utama yang paling ditakutkan oleh setiap investor pemula. Sebagai ibu rumah tangga, tentu Anda memahami betul berapa saja anggaran yang dibutuhkan oleh rumah tangga Anda. Mulai dari penghasilan bulanan, pengeluaran perbulan, dan kemana saja uang itu pergi. Mam, sebenarnya investasi tidak selamanya membutuhkan uang atau modal yang sangat besar.

Anda hanya perlu memahami terlebih dahulu apa saja model atau produk investasi yang bisa Anda pilih dan lakukan. Ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan hanya dengan modal yang tidak banyak dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sekalipun, seperti:

  • Investasi Reksa Dana

Berbicara soal investasi dengan modal sedikit, tentu model investasi yang harus Mam ketahui pertama kali adalah investasi reksadana. Dalam investasi satu ini, Anda bisa memilih modal yang tidak terlalu besar atau sekitar Rp 200 ribu hingga 1 juta saja. Bahkan saat ini, sudah banyak penyedia pelayanan reksadana yang bisa Anda pilih. Investasi satu ini juga cukup sederhana, prinsip investasi reksadana adalah menitipkan uang kepada manajer investasi untuk melakukan investasi di dalam sebuah perusahaan yang memiliki laba positif.

  • Investasi Emas

Mam, Anda tentu memiliki beberapa perhiasan emas favorit di rumah Anda, kan? Kalau punya, simpan dan jangan buru-buru menjualnya, Mam! Emas memang sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu investasi paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapapun, terutama ibu rumah tangga. Investasi emas diketahui jarang sekali mendatangkan kerugian, mengingat harga jualnya yang terus meningkat tiap tahun. Meskipun peningkatanya tidak ekstrem, tapi bisa dipastikan pula kalau nilai emas itu tidak pernah turun.

  • Investasi Saham

Nah, khusus untuk Mam yang ingin mendapatkan return atau balik modal yang lebih besar, Anda bisa juga memulai investasi saham sejak saat ini. Investasi saham memang dketahui memberikan return lebih tinggi dibandingkan dengan emas, hal ini disebabkan karena aktivitas industri lebih tinggi sehingga keuntungan yang akan didapatkan pun terus berputar secara aktif dan menjanjikan. Semakin bagus kondisi perusahaan yang Anda investasikan, maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Mam, itulah beberapa jenis investasi yang bisa dipilih sebagai investor pemula. Kalau memang Anda belum bisa rutin melakukan investasi setiap bulannya, pastikan untuk tidak menyisihkan uang untuk diinvestasikan. Menurut finansialku.com, menyisihkan sisa uang atau penghasilan bukanlah solusi terbaik untuk melakukan investasi. Lebih baik jika Anda memang merencanakan berapa besar jumlah uang yang ingin Anda gunakan untuk berinvestasi.

 

Baca juga :

Agar Balita Tidak Poop di Celana

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :