Cara Mempergunakan Sisa Uang THR

Ketika menjelang hari raya tiba, waktu yang ditunggu-tunggu adalah pencairan uang tunjangan hari raya atau yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan THR. THR ini biasanya digunakan untuk berbelanja keperluan hari raya seperti membeli baju baru, membuat kue, dan memberi uang kepada sanak saudara yang masih kecil ketika pulang ke kampung halaman. Nah, ada kalanya ketika hari raya sudah lewat, uang THR ini masih ada sisa. Agar uang THR tersebut bermanfaat, berikut cara mempergunakan sisa uang THR untuk Mam.

Berbagi dengan yang Lain

Tidak ada salahnya untuk berbagi dengan yang lain. Ketika Mam sudah belanja dan mudik tapi uang sisa THR masih ada, gunakan untuk membelikan tetangga Mam yang kurang mampu sesuatu yang bisa membuat mereka senang. Atau bisa juga menyumbangkannya ke panti asuhan atau ke orang lain. Berbagi akan membuat perasaan kita lebih tenang dan senang. Sebetulnya, untuk hal yang satu ini tidak perlu menunggu hingga uang THR ada sisa, tetapi bisa dilakukan kapan saja.

Jangan Lupa Berinvestasi

Uang THR adalah uang di luar pengeluaran sehari-hari. Maksudnya, bisa dianggap uang ini adalah uang “cuma-cuma” sehingga bisa digunakan untuk apa saja tanpa harus mempertimbangkan pengeluaran bulanan. Begitu pun jika ada sisa. Sisa ini tak harus dimasukkan ke dalam anggaran bulanan. Agar lebih bermanfaat, Mam bisa mencoba mengalokasikan sisa THR tersebut untuk investasi. Pilih investasi yang menguntungkan dengan risiko yang minim.

Tidak Ada Salahnya Menabung

Jika investasi sudah, berbagi dengan yang lain sudah, tetapi uang THR masih sisa, maka ada baiknya memasukkan uang ini ke dalam rekening tabungan. Mam tidak akan pernah merugi dengan menabung. Mungkin Mam berpikir saat ini keluarga sedang dalam kondisi finansial yang mapan sehingga tidak perlu menabung. Perlu diketahui Mam, uang tabungan ini bisa digunakan sebagai dana darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu ketika Mam membutuhkan. Daripada dihabiskan hingga tidak bersisa, akan jauh lebih baik jika Mam menabungnya.

Pastikan Mam Terhindar dari Hutang

Punya sisa uang THR dan bingung untuk dibuat apa? Coba ingat-ingat kembali Mam, apakah Mam pernah berhutang kepada orang lain ataupun memiliki sisa kredit yang belum lunas? Jika iya, maka pakai saja sisa uang THR untuk melunasi semuanya. Dengan begitu, Mam bisa terbebas dari masalah kredit yang cukup membebani karena harus menyisihkan pemasukan per bulan untuk hal ini. Semisal sisa uang THR masih belum cukup untuk melunasi semuanya, setidaknya jumlah tersebut bisa mengurangi beban hutang yang Mam miliki.

Jadi Mam, uang THR tidak perlu dihabiskan karena Mam bisa menggunakan untuk keperluan lain. Lakukan cara-cara di atas agar sisa uang THR tidak habis begitu saja dan lebih bermanfaat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :