Mam, Inilah 5 Tanda Tubuh Butuh Me Time

Me time, kesehatan mental Photo Credit: Pexels

Kesibukan yang tidak ada hentinya bisa membuat tubuh kelelahan yang berujung pada terganggunya kondisi kesehatan. Untuk meminimalkan kondisi terganggunya kesehatan, ada beberapa hal yang bisa Mam lakukan, salah satunya adalah menemukan waktu untuk me time. Seperti namanya, me time merupakan waktu di mana Mam dapat menikmati hal-hal yang Mam sukai seorang diri. Lantas, apa sih tanda-tanda tubuh membutuhkan me time? Cek informasi ini!

Sakit

Jika Mam terus-menerus merasa lelah namun tidak segera menindaklanjuti rasa lelah tersebut, tubuh mam akan menjadi sakit. Sakit sendiri merupakan reaksi yang normal karena tubuh tidak memperoleh apa yang dibutuhkan. Nah, kondisi sakit memaksa tubuh untuk beristirahat. Pada umumnya, tubuh yang sakit diawali dengan demam atau flu.

Kondisi ini merupakan sinyal agar Mam bisa meluangkan waktu untuk bersantai. Tentu saja, Mam tidak perlu menunggu tubuh sakit untuk melakukan me time. Saat Mam sudah merasakan tanda-tanda tubuh akan jatuh sakit, sebaiknya langsung luangkan waktu untuk beristirahat penuh dan bebaskan diri dari rasa khawatir dan kegelisahan yang menganggu.

Pusing

Saat sedang bekerja atau berada di rumah, seberapa sering Mam mengalami pusing? Pusing yang terasa nyeri dari kening hingga ke belakang kepala selama 30 menit merupakan tanda bahwa Mam mengidap tension headache. Yang perlu Mam ketahui adalah, gejala tersebut bukanlah rasa pusing biasa yang bisa Mam anggap remeh.

Tension headache ini dapat menunjukkan naiknya tensi darah yang tidak boleh Mam abaikan secara terus menerus. Jika diabaikan, kondisi ini akan berakibat fatal bagi kesehatan. Lantas, apa yang harus Mam lakukan? Mam bisa melakukan me time dengan merelaksasi diri di rumah seperti mandi air panas untuk mencegah tension headache.

Kehadiran orang lain dianggap menganggu

Menjalani peran sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anak tentu saja penting dan merupakan salah satu sumber kebahagian bagi Mam. Namun, apa jadinya jika kehadiran orang-orang di sekitar justru membuat Mam merasa terganggu? Tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi ini, karena ini hanyalah pertanda bahwa Mam membutuhkan me time.

Tidak peduli seberapa senang Mam menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang, Mam tetap membutuhkan waktu untuk menyendiri. Waktu me time dapat membantu Mam menjernihkan pikiran dan kembali ke jalur yang benar. Luangkanlah waktu untuk rehat beberapa saat sembari mengembalikan semangat.

Makan berlebihan

Satu lagi tanda bahwa Mam membutuhkan me time, yakni makan berlebihan. Tanda ini khususnya harus Mam perhatikan bila porsi makan tidak normal. Makan berlebihan bisa menjadi tanda bahwa Mam sedang membutuhkan waktu sendiri. Kenapa? Karena makan berlebihan sering terjadi saat seseorang cenderung mencari sesuatu yang nyaman.

Makan berlebihan juga bisa didorong oleh kondisi stres yang Mam alami. Jadi, alih-alih membiarkan diri makan berlebihan yang tidak hanya dapat menganggu pencernaan namun juga berakibat pada naiknya berat badan, Mam dapat mencari waktu untuk menjauhkan diri sejenak dari sumber stres yang mam rasakan melalui me time.

 

Jadi, pastikan mam selalu meluangkan waktu untuk me time dan memastikan kesehatan tubuh dan mental, ya. Sehat selalu, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :