Mam, Inilah Jenis Sayuran yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil

diet hamil bagi vegetarian

Masa kehamilan adalah masa yang penting bagi seorang ibu. Untuk itu asupan nutrisi perlu dijaga dan diperhatikan. Salah satu asupan penting bagi ibu hamil adalah sayuran. Saran dari Badan Kesehatan Nasional Inggris sebagaimana dilansir National Geographic, ibu hamil sebaiknya makan sayur setidaknya lima porsi per hari. Jenis sayuran apa saja yang cocok dikonsumsi ibu hamil? Ini dia Mam beberapa diantaranya.

Ubi Jalar

Sayur pertama adalah ubi jalar. Sayuran ini terbukti mengenyangkan dan cocok sebagai makanan pengganti selain nasi. Ubi jalar mengandung probiotik yang baik untuk menjaga sistem dan imun tubuh dari penyakit. Sementara itu, kandungan serat dapat mengubah mikroba dan membentuk antibodi yang dapat menjaga kesehatan janin. Seperti dilansir dari laman Mommy Asia. Kandungan vitamin A dan C pada ubi jalar juga tinggi lho Mam.

Tomat

Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata, tomat juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Terutama untuk ibu hamil, kandungan antioksidan ini diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C dan zat besinya mampu mengatasi kerusakan sel ibu hamil. Tomat penting pula bagi perkembangan gigi dan tulang janin dalam kandungan. Mam bisa mengkonsumsi tomat dengan cara mengolahnya menjadi jus, sayur asam atau saus.

Bayam

Bicara soal bayam, mungkin Mam teringat akan sosok kartun Popeye. Si pelaut tersebut akan merasa kuat setelah mengkonsumsi bayam. Memang, bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan ibu hamil agar sehat dan kuat. Diantaranya adalah vitamin A, B, C dan K. Selain itu bayam mengandung zat besi, kalsium, kalium, magnesium, serat dan antioksidan. Kandungan ini mampu menjauhkan bayi dari cacat bawaan.

Brokoli

Kandungan nutrisi pada brokoli sangatlah beragam. Mulai dari A, C, K, B6, kalsium, folat, serat hingga antioksidan. Dilansir dari laman Mom Junction ada beberapa manfaat mengkonsumsi brokoli bagi ibu hamil. Diantaranya mencegah sembelit, anemia, mengatur kadar gula selama masa kehamilan, hingga mencegah cacat bawaan pada bayi. Untuk hasil yang optimal, Mam bisa konsumsi brokoli sebanyak 3-5 kali sehari. Mam bisa mengolahnya dengan cara dijus atau dimasak bersama sayuran lain.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung aneka nutrisi yang baik untuk perkembangan janin. Seperti protein, vitamin A, vitamin C, folat dan zat besi. Bagi ibu hamil, kacang-kacangan memiliki beragam manfaat diantaranya kacang tanah mencegah diabetes, sebagai sumber mineral untuk otot dan tubuh ibu hamil. Agar kesegaran kacang dan kandungan nutrisinya tetap terjaga, lebih baik Mam segera menyimpannya di lemari pendingin setelah membeli. Mudah bukan Mam?

Paprika

Mungkin sebagian orang tidak suka dengan paprika. Namun, ternyata paprika kaya akan vitamin C melebihi jeruk lho. Kandungan vitamin C ini sangat diperlukan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Paprika juga mengandung vitamin A, D, E, dan B6. Sementara kandungan vitamin A dan betakaroten paprika bermanfaat bagi kesehatan mata, pertumbuhan sel, reproduksi dan kekebalan tubuh. Semakin tua warna paprika maka semakin banyak pula kandungan betakarotennya Mam.

Buncis

Daftar sayuran selanjutnya yang perlu Mam konsumsi saat hamil ialah buncis. Buncis kaya akan vitamin dan protein serta asam folat tinggi. Adapun manfaat dari mengkonsumsi buncis saat hamil antara lain melancarkan sistem pencernaan karena kaya kandungan serat. Selanjutnya, kandungan glyconutrient mampu menjaga kadar gula Mam di masa kehamilan.

Zat besi dalam buncis dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu peredaran darah menjadi lancar dan melindungi dari risiko anemia.

Jadi, untuk Mam yang sedang dalam masa kehamilan jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi sayuran ya! Baik dengan cara di jus atau dimasak menjadi olahan lezat demi kesehatan calon Si Kecil.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :