Membaca Buku, Cara Tepat untuk Me Time

Mam, mungkin sebagian dari Anda sudah mengerti benar betapa pentingnya melakukan atau menyediakan waktu untuk ‘Me Time’. Me Time atau waktu luang untuk memanjakan diri sendiri itu memang penting dilakukan, Mam, khususnya untuk Anda sebagai istri sekaligus ibu dari anak-anak Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu Me Time salah satunya dengan melakukan hobi Anda. Hobi seseorang memang beragam, mulai dari membaca buku, pergi ke salon kecantikan, shopping, atau berolahraga dan juga hal lainnya. Mam, tapi tahukah Anda membaca buku itu menjadi cara tepat untuk dilakukan ketika Me Time, lho Mam! Berikut penjelasannya.

Menurunkan Stress

Mam, fungsi utama dari melakukan me time adalah untuk menghilangkan stress yang Anda rasakan ketika menghadapi padatnya aktivitas sehari-hari Mam. Mengutip halaman okezone.com, membaca buku ternyata dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon yang memicu stress dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan di London, Inggris juga menunjukkan responden yang membaca buku memiliki tingkat stress yang lebih rendah hingga 67 persen dibandingkan dari aktivitas mendengarkan musik, atau bermain video game.

Menambah Ilmu dan juga Wawasan

Mam, membaca buku berarti Anda memenuhi kepala Anda dengan berbagai jenis informasi baru yang selama ini belum banyak atau sama sekali belum diketahui oleh Anda. Semakin banyak buku yang Anda baca, berarti semakin banyak pula ilmu yang Anda miliki dan pastinya ilmu yang Anda dapatkan kelak akan berguna. Selain ilmu yang akan Anda dapatkan, membaca buku juga akan membantu kita mengenal dunia secara lebih luas dan juga membuka jalan pikiran Anda untuk menyikapi dan memahami permasalahan baru.

Meningkatkan Kualitas Memori Anda

Mam, ada hal luar biasa lain yang dapat Anda peroleh dari membaca buku yaitu, meningkatkan kualitas otak Anda dengan mengingat segala hal di dalam buku yang sudah Anda baca. Setelah membaca tentu Anda akan mengingat karakter, latar belakang, ambisi, sejarah ataupun hal lain yang menyusun plot dari setiap alur cerita yang sudah Mam baca. Dari hal itu saja Anda sudah mengasah fungsi dan juga memperkuat otak Anda. Mam, kegiatan membaca juga dapat menstabilkan suasana hati seseorang, lho! Oleh karena itu dengan membaca sudah pasti akan membuat mood dan semangat Anda  terisi kembali untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Fleksibel Tempat dan Waktu

Mam, ini adalah alasan yang tidak kalah penting untuk menjadikan kegiatan membaca buku sebagai cara yang tepat untuk Me Time, membaca buku pada dasarnya dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Membaca buku itu adalah kegiatan yang sangat fleksibel, bagaimana tidak?  Anda bisa melakukannya ketika Anda sedang menunggu anak Anda di sekolah, atau ketika sedang macet di jalan, saat menunggu dokter ataupun antrian lainnya. Karena Anda dapat melakukan dimana saja, sudah pasti Anda juga dapat melakukannya kapan saja. Tapi ketika Anda di rumah, pastikan Anda melakukannya setelah Anda menyelesaikan pekerjaan di rumah atau setelah anak-anak Anda sudah tidur.

Mam, itulah beberapa alasan mengapa membaca buku dapat dijadikan sebagai kegiatan yang tepat dilakukan untuk mengisi Me Time Anda. Anda juga bisa mempersiapkan hal lain yang dapat menambah semangat Anda ketika membaca, seperti secangkir teh atau kopi, tempat duduk yang empuk, hingga alunan musik yang lembut. Semoga bermanfaat ya, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :