Ternyata 4 Tanda Ini Menunjukan Tubuh Butuh Me Time

Photo credit: Pexels

Meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau istilahnya “me time” sangat penting dilakukan untuk menjaga Mam tetap “waras” dalam menghadapi berbagai aktivitas sehari-hari. Terlebih, bila Mam sudah memiliki Si Kecil. Pasti waktu akan lebih banyak tersita untuk merawat dan mengasuhnya. Tapi, jangan abaikan kondisi tubuh berikut yang menjadi pertanda bahwa Mam perlu waktu untuk diri sendiri!

 Frustasi tak beralasan

Pernahkah Mam merasa bahwa perasaan berubah-ubah sendiri tanpa sebab yang jelas? Satu waktu merasa senang namun kemudian tiba-tiba marah, sedih, dan kecewa padahal tidak ada hal yang menyebabkan perasaan tersebut muncul? Jika Mam pernah mengalami hal ini, berarti itu adalah tanda bahwa sudah waktunya Mam mencari waktu untuk diri sendiri. Tak harus pergi liburan ke luar kota, dengan berjalan-jalan ke taman atau sekitar kompleks rumah bisa membuat pikiran Mam lebih jernih.

Mudah marah

Memarahi anak adalah hal yang umum dilakukan Mam kepada Si Kecil. Namun jika Mam bisa marah bahkan terhadap kesalahan kecil yang dibuat anak, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Mam lelah dan butuh me time. Rasa marah yang timbul karena diakibatkan hal-hal sepele menjadi tanda bahwa Mam memiliki banyak pikiran sehingga stres dan memancing emosi. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut.

Ambil jeda waktu sejenak untuk melakukan hal-hal yang bisa menenangkan pikiran. Jangan karena merasa sudah menjadi istri dan ibu, Mam harus menyelesaikan semuanya. Ada kalanya harus beristirahat dari rutinitas atau meminta bantuan orang lain agar tetap menjaga kesehatan mental diri sendiri.

Susah tidur

Tubuh lelah namun kesulitan untuk memejamkan mata juga menjadi tanda bahwa Mam memang benar-benar butuh waktu luang untuk memerhatikan diri sendiri. Tak jarang, banyaknya tanggung jawab yang harus diselesaikan setiap hari memicu gangguang tidur yang Mam rasakan. Saat akan memejamkan mata, pasti ada saja pikiran tentang hal apa yang harus diselesaikan esok hari. Jika sudah begini, tidak ada cara lain yang bisa menyembuhkan gejala sulit tidur Mam kecuali menjadwalkan waktu untuk bersantai sejenak.

Kulit kusam

Sebagai akumulasi dari frustasi yang berkelanjutan dan susah tidur, kulit Mam akan terlihat kusam. Hal ini sebagai akibat dari kurangnya tidur yang berefek pada kesehatan tubuh. Selain itu juga, hal tersebut diperparah dengan tidak adanya waktu bagi Mam untuk melakukan perawatan. Akhirnya, kulit bertambah semakin kusam dan tidak bercahaya. Luangkanlah waktu sejenak bagi Mam untuk mengoleskan essential oil atau body lotion untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap kenyal terhidrasi dengan baik. 

 

 

Baik Mam yang bekerja atau yang menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya, keduanya sama-sama membutuhkan waktu me time. Jangan berpikiran bahwa ibu rumah tangga tidak perlu me time karena sudah 24 jam penuh berada di rumah. Me time bukan berarti berada di rumah saja, tetapi juga bagaimana Mam bisa melakukan aktivitas yang disenangi sehingga bisa melepas stres dan merilekskan tubuh.

Contoh aktivitas me time paling sederhana adalah saat Mam bisa mandi dengan tenang selama 10 menit tanpa diteriaki atau ditangisi Si Kecil di depan pintu kamar mandi. Mam jangan sungkan juga membicarakan dengan suami untuk berbagi tugas menjaga Si Kecil atau menyelesaikan urusan rumah tangga. Dengan berbagi tugas dengan suami, setidaknya Mam punya beberapa saat untuk fokus untuk merawat diri sendiri.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :