Tips Hemat Belanja Online

Photo credit: Pexels

Mam yang sibuk kini tidak perlu lagi mengkahwatirkan tentang belanja karena sudah bisa dilakukan secara online. Bahkan, belanja untuk kebutuhan bulanan juga bisa dilakukan secara online dengan beberapa layanan yang ditawarkan oleh beberapa situs e-commerce atau layanan belanja melalui transportasi online. Nah, sebelum mulai membeli barang yang Mam inginkan di situs belanja online, simak dulu tips hemat berikut ini, karena sebagai ibu rumah tangga, pasti banyak kebutuhan lain yang harus dibeli.

Membuat daftar belanja

Sama seperti belanja bulanan, membuat daftar barang yang harus dibeli di situs ­e-commerce bisa menghindarkan Mam melakukan pengeluaran berlebih untuk barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Letakkan barang yang sangat dibutuhkan pada daftar yang Mam buat. Jadikan daftar barang belanjaan online ini sebagai patokan agar kantong tidak terkuras habis.

Bandingkan harga

Ketika Mam sudah menentukan barang apa yang harus dibeli, bandingkan dahulu harga barang tersebut pada beberapa situs e-commerce. Hal ini untuk menghindarkan Mam dari membeli barang mahal yang ternyata dijual lebih murah pada situs yang lainnya. Untuk menghemat waktu, batasi hingga maksimal tiga atau lima situs yang akan dibandingkan. Cara ini tentunya akan lebih menghemat waktu.

Pastikan juga Mam membeli barang pada situs e-commerce yang terpercaya. Jangan sampai, karena tergiur harga yang sangat murah, Mam malah mendapatkan barang palsu atau terkena penipuan. Biasanya, situs e-commerce menawarkan harga barang yang tidak jauh berbeda dari yang lainnya. Jika ada yang menjualnya dengan harga yang sangat jauh lebih murah, bisa jadi kualitas barang tersebut juga murahan.

Manfaatkan diskon

Membeli barang dalam jumlah banyak akan lebih hemat jika memanfaatkan diskon. Tapi, jangan sampai diskon membutakan mata Mam dan membeli barang lebih dari yang direncanakan. Manfaatkan diskon hanya pada barang yang akan Mam beli. Jangan sampai dengan alasan sedang diskon, Mam malah membeli yang lain.

Misalnya saja, Mam ingin membeli baju, tapi ternyata produk sepatu sedang ada diskon. Akhirnya, Mam membeli baju dan sepatu yang diskon tadi. Hal ini bukanlah memanfaatkan diskon, tettapi tergiur diskon, karena menambah pengeluaran.

Cek ongkos kirim

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika belanja online adalah ongkos kirim. Biasanya hal inilah yang malah membuat mahal total pengeluaran. Untuk itu, agar lebih hemat, pilihlah metode pengiriman yang murah, atau membelinya pada penjual yang berada dalam satu wilayah yang sama dengan Mam. Pastikan juga ongkos kirim yang dibebankan tidak lebih mahal daripada harga barang yang Mam beli.

Mengetahui ukuran tubuh

Untuk barang-barang yang membutuhkan detail ukuran, seperti misalnya baju, sepatu, dan celana, sebaiknya Mam tahu detail ukuran tubuh Mam dalam satuan angka dan bukan hanya ukuran umum seperti S, M, L, XL saja, Jika Mam tidak tahu detail ukuran tubuh, bisa saja membeli baju atau sepatu dengan ukuran yang salah karena tidak bisa mencobanya secara langsung. Kemudian, barang yang sudah dibeli malah mendatangkan kerugian karena tidak bisa dikembalikan dan harus diberikan ke orang lain atau menjualnya dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya.

 

Cara lain untuk hemat belanja online adalah dengan mengajak teman melakukan transaksi di situs e-commerce yang sama untuk memanfaatkan promo gratis ongkir yang biasa diberikan ketika mencapai batas minimum transaksi. Dengan begitu, Mam tidak perlu menambah biaya untuk ongkir.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :