Tips Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Baik sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karir, kedua profesi tersebut akan membuat Mam merasa sangat sibuk. Setiap hari diwarnai oleh pekerjaan rumah atau berhadapan dengan klien yang menguras emosi dan energi. Pada akhirnya, Mam merasa sangat lelah secara fisik maupun batin ketika malam menjelang. Karenanya, Mam perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat mengurangi rasa stres akibat beban pikiran dan seabrek masalah yang Mam hadapi seharian. Hal ini dapat Mam lakukan dengan mendengarkan musik, membaca buku, berendam, dan hal lain yang bisa membuat Mam senang dan pikiran kembali rileks. Namun, sayangnya, tidak semua Mam bisa melakukan me time dengan mudah. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang merasa tidak memiliki cukup banyak waktu hingga merasa berdosa dan egois karena menganggap me time sebagai waktu bersenang-senang untuk diri sendiri tanpa memerhatikan orang lain.

Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar. Berikut beberapa tips yang bisa Mam simak untuk bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Sisihkan 15-20 Menit Waktu Luang

Sesibuk-sibuknya Mam, Mam harus tetap bisa menyisihkan waktu sebanyak 15-20 menit setiap harinya. Tidak banyak, bukan, jika dibandingkan dengan waktu yang harus Mam habiskan untuk melakukan pekerjaan rumah atau bekerja di kantor? Lebih baik lakukan me time ini di pagi hari sebelum Mam memulai aktivitas agar pikiran jernih dan segar untuk menyambut hari sibuk Mam. Atau bisa juga di malam hari, sehingga Mam bisa tidur lebih nyenyak dengan pikiran yang rileks.

Atur Ulang Jadwal

Apakah Mam terbiasa untuk menyusun jadwal di awal minggu? Pertahankan kebiasaan baik ini dan jangan lupa untuk menyertakan jadwal me time setiap harinya. Semisal jika Mam suka berbelanja setiap hari di pagi atau sore hari menjelang makan malam, sebaiknya buat agar Mam hanya perlu berbelanja tiga hari sekali dengan membeli keperluan selama tiga hari kedepan. Hal ini tentu akan banyak menghemat waktu. Tips ini cocok untuk Mam yang memiliki alasan tidak punya cukup banyak waktu untuk me time.

Tidak Melakukan Semuanya Sendirian

Ada kalanya Mam memerlukan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah tertentu. Jangan sungkan untuk hal ini. Jika dirasa hal tersebut terlalu memakan banyak waktu untuk dilakukan sendirian dan akan berimbas pada jadwal Mam yang lain, mintalah bantuan orang sekitar untuk menyelesaikannya lebih cepat sehingga tidak akan mengganggu jadwal me time.

Jadikan Me Time sebagai Kebiasaan

Meskipun Mam telah mengatur jadwal sedemikian rupa untuk me time, terkadang padatnya aktivitas membuat Mam kehilangan waktu ini. Sekali dua kali masih baik-baik saja, tetapi jika keterusan maka akan membuat Mam semakin menyepelekan dan merasa berat untuk melakukan me time. Kuncinya adalah dengan menjadikan me time sebagai kebiasaan. Awalnya mungkin memang susah, tetapi jika sudah terbiasa justru akan membuat hari Mam terasa kurang jika tidak melakukannya.

Ketahui Apa yang Akan Mam Lakukan Saat Me Time

Ini juga tak kalah penting. Ketahui hal-hal apa saja yang bisa merilekskan pikiran Mam dalam waktu 15-20 menit. Jika Mam melakukan me time di hari libur, tentu akan sangat menyenangkan karena waktu yang tersedia lebih banyak.

 

Pada dasarnya, me time sendiri juga menguntungkan karena pikiran yang rileks akan membantu Mam beprikir jernih untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kurangnya me time bisa memicu stres. Bagiamana, Mam? Sudah siapkah untuk mengatur ulang jadwal dan menjadikan me time sebagai kebiasaan?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :