Bayi Berkeringat Ketika Tidur? Simak Alasannya Berikut Ini

Mam, sebagai orang tua baru tentu Anda akan begitu berhati-hati dan cemas jika ada sesuatu hal terjadi pada bayi Anda. Salah satunya adalah ketika menemukan si kecil berkeringan banyak saat ia tertidur, apakah Anda salah satunya? Mam, jangan panik dan langsung buru-buru membawanya ke rumah sakit, keluarnya keringat ketika bayi tidur merupakan hal yang normal. Meskipun pada beberapa kasus, ada yang perlu Anda perhatikan lebih. Berikut alasan mengapa si kecil berkeringat saat tidur.

Bayi Memiliki Sistem Saraf yang Belum Matang

Mam, seperti yang sudah kita ketahui kalau tubuh bayi masih terus berkembang. Perkembangan tubuh inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa si kecil berkeringat ketika ia tidur. Keringat itu muncul karena sistem saraf mereka masih belum berkembang secara sempurna. Sistem saraf inilah yang memegang tugas untuk mengendalikan suhu tubuh. Sistem saraf yang belum berkembang sempurna ini pula yang membuat suhu tubuh si kecil kurang bisa diatur dengan benar dan fleksibel seperti orang dewasa pada umumnya.

Berkeringat Bertanda kalau Si Kecil Tidurnya Nyenyak

Mam, meskipun agak mustahil karena si kecil sering terbangun di tengah malam, tapi alasan satu inimerupakan fakta yang benar terjadi. Mengutip halaman Babyment dan juga Babysleep.help, Bayi yang berkeringat memiliki kemungkinan kalau ia sedang tidur dengan lelapnya.

Mengingat ia menghabiskan banyak waktu untuk bisa tidur nyenyak, ia pun akan lebih banyak berkeringat pada malam hari dibandingkan dengan anak yang lebih besar dan juga orang dewasa. Selain itu, ketika bayi tertidur lelap,ia cenderung tidak bergerak seperti orang dewasa sehingga menyebabkan mereka berkeringat pula.

Suhu Ruangan Dalam Kamar Terlalu Panas

Mam, terkadang karena terlalu khawatir si kecil kedinginan dan masuk angin di malam hari, Anda pun membungkus bayi dengan bedong atau selimut tebal. Mungkin terdengar benar, tapi dengan membungkus bayi seperti itu justru membuatnya ia kegerahan hingga membuatnya sulit bernapas. Mam, cobalah untuk mulai menghindari memberi si kecil terlalu banyak selimut, karena hal ini bisa membuatnya tidak bisa tidur dengan nyaman dan kesulitan bernapas.

Bayi Mungkin Mengalami Permasalahan Kesehatan

Mam, bayi berkeringat di malam hari memang merupakan hal yang wajar dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, Anda harus tetap waspada, mengingat bayi yang berkeringat terjadi karena adanya indikasi dari suatu masalah kesehatan yang cukup serius. Indikasi kondisi kesehatan dari banyaknya keringat bayi ketika tidur adalah sleep apnea, penyakit jantung, hyperhidrosis, SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Tapi jangan panik, Mam, karena hal ini juga diikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti bayi prematur, bayi yang juga berkeringat selain di malam hari, dan lainnya.

Nah, Mam, itulah beberapa alasan mengapa si kecil berkeringat di malam hari. Sebenarnya berkeringat di malam hari merupakan hal yang  nomal. Hanya saja ketika Anda menemukan si kecil berkeringat berlebihan, cobalah untuk memastikan keadaannya ke dokter terdekat.

 

Baca juga :

Milkshake Mangga

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :