Kenali Jenis Kulit Bayi dan Ketahui Cara Merawatnya

Ketika bayi baru lahir, mereka akan sensitif terhadap segala hal. Mulai dari kulitnya, pencernaannya, sampai bagian organ dalam bayi akan mudah sekali bereaksi terhadap sesuatu. Oleh karena itu, dalam tahap enam bulan pertama, bayi harus lebih sering berada di pelukan ibu dan minum ASI. Sekarang yang akan kita bahas adalah mengenali jenis kulit bayi dan bagaimana cara merawatnya.

Kulit bayi normal

Jenis kulit bayi pertama adalah kulit bayi normal. Jenis kulit ini sangat mudah untuk dideteksi karena kulitnya yang lembut dan halus ketika disentuh. Selain itu, jenis kulit bayi normal ini biasanya terlihat tanpa bercak merah ketika terkena angin, setelah mandi, setelah terkena bedak, atau ketika disentuh oleh tangan orang tuanya. Jika kulit bayi Mam adalah normal, Mam tidak perlu khawatir tentang perawatannya.

Kulit bayi kering

Kulit bayi selanjutnya yang akan dibahas adalah kulit bayi kering. Jenis kulit ini biasanya muncul karena beberapa faktor, pertama faktor lingkungan yang tidak bersih atau kulit bayi tidak bisa terkena AC terlalu lama. Kedua adalah Mam salah memilih sabun, ini dikarenakan kulit bayi yang sensitif. Sehingga jika salah memilih sabun, maka kulit bayi akan terlihat sangat kering.

Lalu masalah yang ketiga adalah masalah kulit lain seperti eksim. Eksim adalah masalah kulit yang disebabkan oleh alergi makanan, asma, lingkungan, debu, atau bahkan riwayat penyakit keturunan keluarga. Solusi untuk mengatasi kulit bayi kering adalah memakaikan pakaian tertutup agar kulit tidak terkena debu dan angin. Selain itu, gunakan sabun khusus kulit kering ya Mam.

Kulit bayi atopik

Atopik ini hampir sama masalahnya dengan kulit kering, yaitu terdapat kelainan eksim atopik. Eksim atopik ini tidak hanya menyebabkan kulit kering, tetapi juga membuat kulit bayi menjadi pecah-pecah, gatal-gatal, dan kemerahan. Bahkan jika dalam kondisi kronis, kulit bayi bisa gampang sekali terluka. Cara untuk mengatasi dan mencegah kulit bayi atopik adalah dengan cara mencegah bayi untuk tidak menggaruk kulit yang gatal.

Lalu, cara selanjutnya adalah hindari suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Kemudian, tips terakhir adalah bilas baju Si Kecil sampai bersih karena kandungan deterjen bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Itulah tiga jenis kulit bayi dan bagaimana cara merawatnya. Semoga mencerahkan ya, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :