Pentingnya Pijat untuk Tumbuh Kembang Bayi

Saat bayi baru lahir, wajar apabila mam masih ragu atau berhati-hati dalam menyentuh buah hati. Namun, perlu mam ketahui banyak memijat tubuh bayi adalah hal yang penting untuk dilakukan bagi tumbuh kembangnya. Dengan memijat bayi secara rutin, mam secara otomatis membangun ikatan dengan buah hati sekaligus membantu perkembangannya untuk menjadi lebih sehat. Berikut informasi pentingnya pijat untuk tumbuh kembang bayi yang harus mam ketahui!

Membantu bayi tumbuh lebih sehat

Apabila mam rutin memijat bayi, maka mam telah membantu pertumbuhan buah hati menjadi lebih sehat. Terlebih apabila bayi mam lahir prematur, memijatnya secara rutin dapat menstimulasi pertambahan berat badan. Bahkan, beberapa ahli kesehatan menyebut bahwa bayi prematur yang rutin dipijat akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding dengan bayi prematur yang jarang dipijat.

Bayi dapat menjadi lebih rileks

Bayi yang menangis merupakan hal yang sangat wajar, namun juga terlalu sering menangis tentu akan membuat mam kerepotan. Nah, untuk mam yang ingin menghibur bayi yang tengah menangis, mam dapat memijatnya selama beberapa menit untuk membuatnya lebih rileks. Cara ini terbilang cukup efektif karena memijat bayi dapat melancarkan peredaran darahnya dan meningkatkan kadar hormon oksitosin yang akan membuatnya lebih senang.

Membangun ikatan antara mam dan buah hati

Sentuhan merupakan bahasa pertama yang dapat mam gunakan untuk berkomunikasi dengan buah hati, oleh karena itu memijatnya merupakan hal yang tepat untuk membangun ikatan yang erat. Apabila mam sering memberinya sentuhan, maka kepercayaan dan perasaan positifnya kepada mam akan semakin terbangun. Buah hati mam pun akan merasa lebih nyaman dan tenang untuk berinteraksi dengan mam.

Sentuhan-sentuhan lembut ini tidak hanya membantu ikatan batin mam dan buah hati terjalin, namun juga membuatnya lebih sehat secara fisik. Perhatikanlah selalu reaksi buah hati mam ketika  memberinya pijitan untuk mempelajari apa yang ia sukai dan tidak ia sukai ya, mam.

Membantu bayi tidur nyenyak

Mengurus dan merawat bayi tentunya sangat menyita waktu dan tenaga mam, dan ketika ia tertidur mam dapat memiliki sedikit waktu untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras. Tapi bagaimana jika bayi memiliki masalah untuk tidur nyenyak? Nah, untuk itulah memijat bayi penting untuk mam lakukan. Karena memijat bayi akan membuat tubuhnya lebih rileks dan membuatnya lebih mudah tidur di malam hari.

Apabila bayi tidur nyenyak, maka mam pun tidak perlu terbangun pukul 2 subuh untuk mengurus buah hati yang menangis karena tidurnya terganggu. Pijatlah bayi pada sore hari apabila bayi sering kali terbangun pada tengah malam dan menangis agar ia tidak rewel lagi.

Mendorong pertumbuhan otak bayi

Tanpa mam sadari, memijat bayi juga bermanfaat bagi pertumbuhan otaknya. Aktivitas ini akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh kembang otak bayi. Bayi akan belajar hal-hal baru melalui pijatan tersebut. Diantaranya adalah variasi sentuhan yang mam berikan, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi yang mam coba jalin bersamanya.

Stimulasi ini akan menghasilkan zat pada otak yang sangat baik bagi perkemabngannya berupa mielin. Zat iniberfungsi mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris bayi menjadi lebih baik.

Nah, itulah pentingnya pijat pada bayi yang harus mam ketahui. Lakukan pijat dengan cara yang benar dan teratur untuk mendapatkan manfaat dan memberikan buah hati kenyamanan yang maksimal ya, mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :