Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memiliki intensitas pipis dan BAB lebih sering. Popok bayi menjadi salah satu perlengkapan yang penting baginya.

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi adalah popok. Jika di masa lalu, para ibu menggunakan popok bayi berbahan kain yang bisa dicuci ulang, berbeda dengan sekarang. Kini, sebagian ibu modern lebih memilih menggunakan popok sekali pakai karena lebih praktis. Seiring bergantinya waktu, muncul jenis popok lain yang juga mulai dikenal para ibu, yakni cloth diapers. Berikut ini diulas mengenai ketiga jenis popok tersebut sehingga bisa menjadi referensi bagi para Ibu dalam memilih popok yang tepat untuk bayi baru lahir.

  • Popok kain tradisional
    Popok kain tradisional lebih akrab dengan para Ibu di masa lalu. Namun, saat ini pun masih banyak ibu yang memilihnya. Popok kain tradisional berbentuk persegi panjang dengan dua buah tali di ujung kanan dan kiri sebagai pengait. Popok kain biasanya berbahan tipis dan lembut supaya nyaman dipakai bayi. Sekali bayi pipis atau buang air besar, popok ini harus segera diganti dengan popok kain lain. Memang, hal ini membuat cucian kotor lebih banyak, namun keuntungan menggunakan popok kain adalah meminimalkan ruam popok pada bayi, lebih hemat, dan tidak menimbulkan sampah.
  • Popok sekali pakai
    Siapa sih Ibu zaman sekarang yang tak akrab dengan popok sekali pakai? Mudah digunakan, praktis, dan tidak membuat cucian menggunung. Popok sekali pakai dengan berbagai merek mudah dibeli di pasaran dengan kisaran harga Rp 1500-3500/pc. Setiap harinya, bayi baru lahir bisa menghabiskan 5-6 popok. Meskipun popok sekali pakai menjadi primadona bagi mayoritas ibu modern, namun beberapa situs menyatakan bahwa terdapat popok yang beredar di pasar sekarang ini terbuat dari bahan-bahan kimia, seperti dioxide, baik sulfur maupun chlorine dioxide. Popok ini acap menimbulkan ruam pada kulit bayi. Sehingga Ibu harus cermat dalam menggunakannya, yakni dengan memilih popok sekali pakai berkualitas bagus dan rajin memeriksa saat dipakaikan pada bayi. Jangan menunggu-nunggu sampai penuh untuk mengganti popok sekali pakai pada bayi supaya kulitnya aman dari iritasi.
  • Cloth diapers
    Cloth diapers merupakan jenis popok kain modern yang dibuat dengan bahan yang mampu menyerap cairan, sehingga tahan digunakan bayi dalam rentang waktu tertentu. Popok yang juga lebih akrab disebut clodi ini dapat dicuci ulang dan dipakai kembali. Banyak pilihan cloth diapers dari berbagai merek yang kini dapat Anda beli di pasaran dengan berbagai motif lucu dan berkualitas, dari produk lokal maupun impor. Cloth diapers yang khusus untuk bayi new born pun banyak dijual. Beberapa Ibu memilih menggunakan cloth diapers karena lebih aman bagi kulit bayi, lebih praktis dibandingkan popok kain tradisional, daya serap cukup tinggi, dan lebih ramah lingkungan.

Menjadi keputusan Anda bersama pasangan untuk memilih popok yang dirasa paling tepat untuk dipakai bayi baru lahir. Semoga bermanfaat ya, Mam.

 

 

Baca juga:

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :