Begini Pertumbuhan Gigi Si Kecil dari Bayi

Si kecil akan mulai mengalami pertumbuhan gigi pertamanya (disebut juga dengan nama erupsi gigi) ketika ia menginjak usia enam bulan.

Hal ini mungkin berbeda pada tiap anak karena terpengaruh oleh berbagai faktor. Faktor-faktor ini bisa ditilik kembali dari keturunan, masa Mam hamil hingga nutrisi yang Mam berikan padanya hingga enam bulan.

Ada yang bisa tumbuh sebelum enam bulan, ada juga yang tumbuh terlambat. Berikut fase normal dari pertumbuhan gigi si kecil.

Fase Pertumbuhan Gigi Bawah

  1. Usia 6—10 bulan gigi seri pertama (tengah).
  2. Usia 10—16 bulan gigi seri kedua.
  3. Usia 17—23 bulan gigi taring.
  4. Usia 14—18 bulan gigi geraham pertama.
  5. Usia 23—31 bulan gigi geraham kedua.

Fase Pertumbuhan Gigi Atas

  1. Usia 8—12 bulan gigi seri pertama (tengah).
  2. Usia 9—13 bulan gigi seri kedua.
  3. Usia 16—22 bulan gigi taring.
  4. Usia 13—19 bulan gigi geraham pertama.
  5. Usia 25—33 bulan gigi geraham kedua.

Agar si kecil bisa memiliki fase pertumbuhan gigi yang normal, Mam harus benar-benar memperhatikan gizinya. Terutama bila Mam merasa bahwa gizi si kecil kurang terpenuhi semasa hamil.

Asupan penting untuk pertumbuhan gigi si kecil adalah kalsium, fosfat, dan vitamin D. Semuanya bisa Mam dapatkan dari susu, berbagai macam daging, telur dan juga sinar matahari untuk vitamin D.

Mam juga bisa memberikan berbagai rangsangan untuk giginya seperti mainan yang aman untuk digigit si kecil. Namun, jangan asal membelikannya karena Mam harus benar-benar tahu bahan yang digunakan untuk mainan tersebut.

Selain itu, Mam juga harus sigap membersihkannya tiap kali digunakan oleh si kecil. Karena mainan tersebut bisa menjadi sarang bakteri jahat. Ketika digunakan oleh si kecil, bakteri yang menempel bisa masuk ke dalam perut dan membuatnya sakit.

Bila gigi si kecil belum tumbuh hingga usia 8 bulan, ada baiknya Mam memeriksakannya ke dokter gigi anak langganan.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :