4 Lagu Sejenis Baby Shark yang Bisa Mam Dengarkan ke Si Kecil

Jika berkaca pada sepuluh tahun belakangan, Indonesia belum lagi berhasil mempopulerkan lagu anak-anak yang edukatif. Lagu anak-anak Indonesia masih mentok pada Tasya sebagai Anak Gembala atau Joshua yang mengobok-obok air, belum ada lagi yang baru. Kalaupun ada yang baru, mungkin hanya Romaria yang menyanyikan lagu Malu Sama Kucing, lagu anak-anak yang kental dengan nuansa EDM (electronic dance music).

Beruntungnya, berkat kehadiran teknologi dan perkembangan internet, baru-baru ini anak-anak Indonesia senang menari sambil menyanyikan Baby Shark, sebuah lagu yang sebenarnya telah diunggah Pinkfong! sejak Juni tahun lalu. Lagu tersebut dinilai cukup baik untuk didengarkan Si Kecil karena mengenalkan Si Kecil konsep keluarga, dimana ada ayah, ibu, nenek, dan kakek. Baby Shark juga memberikan satu kosa kata baru kepada mereka, yaitu shark (hiu), yang mungkin sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Masalahnya, jika demam Baby Shark ini kembali mereda, lagu mana lagi yang harus Mam kembali sodorkan kepada Si Kecil untuk mereka dengarkan? Jangan khawatir, Mam! Berikut 4 lagu sejenis Baby Shark yang bisa Mam dengarkan ke Si Kecil:

  1. Wheels on The Bus

Lagu ini adalah pilihan tepat untuk Mam jika ingin mengenalkan kepada Si Kecil bagian-bagian yang ada dalam bus, mulai dari roda, wipers, klakson, pintu, hingga para penumpang yang biasa menumpangi bus. Wheels on The Bus akan semakin menarik dinyanyikan jika Mam menyelipkan beberapa gerakan sederhana. Misalnya, ketika Mam dan Si Kecil menyanyikan “The wheels on the bus go round and round, round and round, round and round,” maka pada bagian “round and round” ajarkan Si Kecil untuk membentuk lingkaran menggunakan tangannya, menggerakan tangan menyerupai wiper saat bernyanyi di bagian “Swish, swish, swish”, atau mengepalkan tangan dan berpura menekan tombol klakson di bagian “Beep, beep, beep”.

  1. Twinkle, Twinkle Little Star

Twinkle, Twinkle Little Star bisa Mam jadikan sebagai lagu penenang jika Si Kecil sedang rewel dan ngambek, atau juga sebagai lagu pengantar tidur karena liriknya yang indah dan iramanya yang menenangkan. Lagu ini bercerita mengenai seorang anak yang mengagumi kelap-kelip bintang yang menari-nari di langit malam, bintang-bintang yang akan memunculkan cahaya kecilnya ketika terik matahari sudah mereda dan tidak lagi bersinar.

  1. You Are My Sunshine

Selain Twinkle, Twinkle Litte Star, You Are My Sunshine juga salah satu pengantar tidur yang paling favorit. Dengan menyanyikan lagu ini bersama Si Kecil, Mam sama saja sedang memberitahu mereka bahwa dirinya adalah harta yang sangat berharga bagi Mam, sama seperti dunia menghargai sinar matahari yang muncul setiap pagi.

  1. Monkey Bananas

Lagu ini adalah versi lain dari lagu Baby Shark. Jika di dalam lagu Baby Shark menceritakan sekeluarga shark (hiu), maka lagu Monkey Bananas ini menceritakan sekeluarga monyet dan pisang. Nada dan ketukannya sama persis dengan Baby Shark (jadi Mam tidak perlu menghapal nada baru), hanya liriknya saja yang diganti. Masih dibuat oleh Pinkfong! Kids’ Song & Stories, Mam juga sekalian bisa memperlihatkan Si Kecil music video-nya karena video musik tersebut penuh dengan keceriaan keluarga monyet dan tarian-tarian yang lucu.

Mam, tujuan memperdengarkan lagu anak-anak kepada Si Kecil bukan semata hanya untuk menenangkan mereka ketika sedang marah, atau mengantar mereka kepada tidurnya. Lagu anak-anak juga bisa dijadikan Mam sarana komunikasi dan pendidikan yang berguna bagi tumbuh kembang Si Kecil.

 

Baca juga : 

10 Tips Aman Bersepeda Bagi Ibu Hamil

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :