Apa Dampak Si Kecil Tidak Masuk ke Playgroup?

Tidak memasukkan anak ke playgroup memang menjadi hak dari orang tua, namun apa sih yang sebenarnya terjadi pada si kecil bila ia tidak masuk ke sekolah tersebut?

Playgroup Bukan Hal Wajib

Tak sama seperti sekolah dasar, playgroup bukanlah hal wajib yang harus dimasuki si kecil. Meski banyak dari teman main si kecil yang masuk ke taman bermain dan juga belajar tersebut, tetapi Mam tidak perlu merasa bingung ketika memutuskan untuk tidak memasukkan si kecil ke playgroup.

Mam Bisa Mengajarkan Materi yang Ada di Playgroup Secara Mandiri, Tetapi…

Materi di dalam playgroup bisa Mam temukan dengan mudah di internet, hasilnya Mam bisa mengajarkan sendiri materinya di rumah. Tetapi, ada banyak hal lain selain tindakan akademik yang tidak bisa diajarkan bila ia berada dalam rumah.

Dalam playgroup, umumnya seorang anak akan diajarkan untuk bersosialisasi dengan banyak teman sebaya. Mereka juga diajak untuk membentuk kelompok dan menyelesaikan sebuah puzzle mainan sehingga di situ terbentuk rasa gotong royong dan empati pada orang lain.

Beberapa playgroup juga memberikan binatang peliharaan untuk dipelihara bersama oleh satu kelas. Mengajarkan mereka akan tanggung jawab dan rasa kasih sayang akan makhluk yang bukan manusia.

Mam bisa mempraktekkan pembelajaran ini juga dengan memberikan si kecil binatang peliharaan yang bisa ia jadikan teman di rumah.

Si Kecil Akan Mudah Tergantung dengan Dua Hal Ini Bila Tak Dibatasi Penggunaannya

Saat di playgroup, penggunaan televisi dan gadget dari si kecil akan sangat dibatasi. Hal ini bisa mengurangi ketergantungan dirinya akan dua benda tersebut. Ketika di rumah dan tak diawasi, ia bisa sangat tergantung pada televisi dan gadget.

Saat di playgroup, si kecil akan otomatis berinteraksi dengan banyak teman sebayanya. Interaksi ini bisa mengasah kepercayaan dirinya. Bila ia kurang berinteraksi dengan teman sebaya, si kecil akan cenderung minder.

Agar hal ini tak terjadi pada anak Mam yang tak masuk playgroup, usahakan untuk kerap mengajaknya bermain dengan teman sebaya saat pagi atau sore hari.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :