Hindari Kebiasaan Memberikan Makan Anak seperti Ini

Ketika Si Kecil telah memasuki usia yang cukup untuk diberikan makanan selain ASI (Air Susu Ibu), maka itu saatnya bagi mam untuk memberikannya makanan yang tepat bagi tumbuh kembangnya. Mengingat makanan yang memiliki asupan gizi berimbang sangat penting bagi perkembangan buah hati, mam harus bisa memilih makanan yang paling tepat dan sehat.

Tapi, apakah mam tahu bahwa bukan hanya jenis makanannya yang harus mam perhatikan, cara memberikan makanan terhadap Si Kecil juga harus diperhatikan lho, mam. Memberikan Si Kecil makanan dengan cara yang salah atau kurang sesuai hanya akan membuatnya perkembangan indra perasa dan pencernaannya terganggu. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Memasukkan makanan dari sendok ke mulut Si Kecil secara tegak lurus

Ketika mam ingin memberi makan Si Kecil, hal pertama yang harus mam hindari adalah memasukkan makanan dari sendok ke mulut secara tegak lurus atau vertikal dari depan. Cara ini akan memaksa Si Kecil untuk membuka mulut dan secara refleks akan membuatnya mengeluarkan makanan yang masuk tersebut.

Memasukkan makanan secara berlebihan

Mungkin mam pernah memasukkan makanan ke dalam mulut Si Kecil dalam jumlah yang banyak agar makanannya cepat habis. Jika pernah, mam sebaiknya jangan lagi melakukan kebiasaan memasukkan makanan secara berlebihan ke mulut Si Kecil ini. Apabila mulut Si Kecil terlalu penuh, secara refleks ia akan memuntahkan apa yang berada dalam mulutnya tersebut sehingga proses makan akan terganggu.

Menyimpan sisa makanan Si Kecil

Apabila mam terbiasa menyimpan sisa makanan Si Kecil, sebaiknya mam segera menghentikan kebiasan tersebut. Kenapa? Karena menyimpan sisa makanan Si Kecil untuk dimakan di waktu selanjutnya akan menyebabkan enzim dan bakteri dari mulut bayi akan mulai bereaksi dan mengubahnya menjadi lebih berair dan cepat membusuk.

Oleh karena itu, sebaiknya mam jangan terlalu banyak membuat dan menyiapkan makanan untuk Si Kecil yang hanya akan menjadi mubazir. Usahakan untuk menyiapkan makanan untuk Si Kecil yang sesuai dengan porsinya.

Hindari memberikan Si Kecil makanan yang memicu alergi

Mam sebaiknya menghindari memberikan Si kecil sejumlah makanan yang dapat memicu alergi seperti kacang-kacangan, madu, susu sapi, kerang-kerangan, dan jeruk lemon.

Cara memberikan Si Kecil makanan dengan benar

Untuk mam yang ingin mengetahui cara memberi makan Si Kecil yang baik dan benar, simak informasi di bawah ini:

  • Saat memberi makan Si Kecil, dudukkan Si Kecil pada kursi makan khusus bayi dan suapilah Si Kecil dengan duduk di depannya..
  • Jangan mengajak Si Kecil makan di depan televisi agar ia dapat konsentrasi saat makan dan dapat belajar mengunyah dan menalan makanan dengan baik dan benar.
  • Beri Si Kecil makanan sebanyak ujung sendok terlebih dahulu agar ia dapat mencicipi makanan tersebut.
  • Agar Si Kecil merasa senang, mam dapat membuat suasana makan yang menyenangkan dengan mengajak Si Kecil berkomunikasi atau bermain.
  • Hindari memaksa Si Kecil untuk menghabiskan makanannya pada saat ia sudah mulai merasa kenyang untuk menghindari trauma yang dialami Si Kecil.

Nah, hindari beberapa kebiasaan buruk di atas dan lakukan cara memberi Si Kecil makanan dengan baik dan benar agar tumbuh kembangnya maksimal ya, mam. Semoga bermanfaat!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :