Kenapa Berani Kotor Itu Baik?

Melihat si kecil pulang dalam keadaan kotor bisa membuat seorang ibu menjerit karena takut anaknya sakit. Padahal, kotor tak selamanya buruk! Mengapa?

Kotor Tidak Serta Merta Membuatnya Sakit

Faktanya, Anak yang kerap dipaparkan dengan dunia luar memiliki imun yang lebih kuat daripada yang tidak. Termasuk juga ketika ia bermain dengan binatang. Studi mengatakan bahwa anak yang dibiarkan bermain dengan binatang sejak kecil, utamanya binatang peliharaan memiliki sistem imun dan kekuatan melawan alergi lebih kuat daripada yang tidak.

Selama kotornya tidak berlebihan tak dilakukan terus menerus, seharusnya tidak masalah kan Mam?

Selama Dibersihkan dengan Menyeluruh Tak Masalah

Setelah ia selesai bermain dengan yang kotor, Mam harus membersihkan si kecil secara menyeluruh. Hal ini untuk menghindari adanya endapan kotoran berlebih yang bisa mengakibatkan bau badan. Juga untuk menghindarkan bakteri dari menempel di makanannya.

Selama dibersihkan dengan baik, si kecil tak akan ada masalah dengan kesehatannya meski ia sudah berkotor-kotor di luar sana. Untuk pengawasan ekstra, Mam bisa memberikan si kecil sabun antiseptik sebelum dan sesudah bermain kotor-kotoran.

Berinteraksi dengan Dunia Luar Bisa Membuatnya Makin Bahagia

Si kecil yang bisa bermain dengan banyak hal di luar sana tak hanya makin sehat tetapi juga bisa makin bahagia. Apalagi bila dilakukan di pagi hari. Bermain di saat udara masih segar-segarnya bisa memberikan tubuh dorongan untuk memproduksi hormon bahagia lebih banyak.

Mam juga bisa membuat si kecil bermain hingga berkeringat karena produksi keringat bisa juga meningkatkan produksi hormon kebahagiaan. Si kecil makin sehat dan makin bahagia, dua manfaat deh, Mam!

Si Kecil Jadi Bisa Belajar Banyak Hal

Selain makin sehat dan senang, si kecil juga bisa jadi belajar banyak hal dengan dunia luar. Melihat burung secara langsung, menyentuh rumput, atau merasakan hujan yang dingin. Semua hal ini bisa ia jadikan pelajaran.

Mam percaya kan bahwa seseorang umumnya harus melakukan sesuatu sebelum bisa benar-benar memahaminya? Nah, si kecil pun sama!

Banyak hal yang bisa didapat dari berkotor-kotor di luar. Mam tak perlu paranoid selama itu tak membahayakan si kecil.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :