4 Cara Kebiasaan Orang Tua yang Membuat Si Kecil Suka Membaca

Mam, sudah bukan rahasia lagi kalau membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siapa saja. Mulai dari yang muda, tua, pria, wanita, pokoknya siapapun. Melalui membaca, pengetahuan seseorang akan terbuka dan semakin luas. Itulah mengapa buku dikatakan sebagai jendela dunia. Mam, Anda tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan berwawasan luas, kan? Jika ingin, awalilah dengan membuatnya suka membaca. Nah, mengajarkan si kecil untuk membaca buku memang susah-susah gampang, apalagi sekarang sudah zamannya smartphone. Tenang saja,Mam! Berikut beberapa kebiasaan orang tua yang bisa membuat si kecil suka membaca.

Bacakan Buku Kepada Si Kecil Sejak Usia Dini

Tidak hanya membacakan buku kepada si kecil ketika waktu tidur, cobalah untuk membeli beberapa buku dan jadikan buku sebagai mainan pertamanya. Ajak ia membaca lengkap dengan camilan yang ia sukai, buatlah sebuah momen  yang nyaman sebagai salah satu ritual Anda dan si kecil untuk menggabungkan rasa cinta sambil berpelukan ketika mengajaknya membaca. Lakukan hal tersebut kapan pun Anda membutuhkan waktu istirahat, ambillah buku, dan bacakan untuknya. Kapan pun.

Mulailah Mengunjungi Perpustakaan bersama Si Kecil secara Teratur

Ketika si kecil sudah memasuki usia dua tahun, kemungkinan ia akan menyukai kegiatan lain selain membaca. Gunakan waktu tersebut untuk mengajak si kecil untuk membaca di perpustakaan. Biarkan ia memilih buku apa yang ingin ia baca, ajak si kecil ke lorong buku cerita, dan biarkan ia menjelajah untuk menemukan buku kesukaannya. Tapi jangan lupa untuk tetap mengawasi si kecil ya, Mam!

Jangan Memaksa si Kecil untuk Belajar Membaca

Sebagian besar anak akan belajar untuk membaca secara alami, ketika ia sudah mengembangkan kemampuan awal membacanya. Tujuan awal Anda ingin membuat si kecil suka membaca tidak melulu bagaimana Anda membuatnya bisa mengeluarkan kata-kata. Tapi, mengajarkan untuk mencintai buku, baik dari gambar atau dari ceritanya. Jika Anda mendorongnya untuk segera bisa membaca, maka ia akan merasa bodoh. Perasaan itu pun akan ia rasakan sepanjang hidupnya dan ia pun tidak akan suka dengan membaca.

Jadikan Buku Sebagai Kado

Anak-anak memang suka dengan kado apalagi jika isinya adalah mainan. Tapi, ketika Anda ingin menjadikan si kecil cinta kepada buku, cobalah untuk menjadikan buku sebagai kado untuknya. Tidak harus selalu, cobalah sesekali membelikan buku selain mainan, sepeda, dan lainnya. Hal ini bisa membuat si kecil secara perlahan mencintai buku.

Mam, selain melakukan beberapa hal di atas, Anda juga harus ingat kalau sebagai orang tua Anda merupakan guru utama baginya. Jika Anda ingin si kecil suka membaca buku, maka contohkan kepada si kecil. Mulai dari menyempatkan waktu untuk membaca, ketika pagi atau sore, dan melibatkan buku ke dalam beberapa hal di hidup Anda dan juga si kecil.

 

Baca juga :

6 Perawatan Bayi Baru Lahir

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :