4 Cara Membuat Si Kecil Tidak Rewel Saat Bertamu di Rumah Orang

Mengajak si kecil untuk bertamu memang terkadan menjadi salah satu masalah yang cukup membuat para orang tua dilema. Bagaimana tidak? Namanya juga anak-anak terkadang sangat sulit ditebak emosi dan juga mood­-nya sehingga nanti ketika sedang bertamu tiba-tiba ia rewel dan merengek-rengek untuk cepat pulang. Selain berisik, orang tua pun terkadang merasa tidak enak dengan sang tuan rumah jika anaknya tersebut rewel dan mengganggu. Belum lagi kalau si kecil ini membuat kekacauan, tentunya Anda akan merasa malu, bukan? Nah, Mam, daripada dilema, berikut beberapa kiat untuk membuat si kecil tidak rewel saat bertamu ke rumah orang lain.

Persiapan Anak sebelum Bertamu

Ketika Anda memutuskan untuk mengajak si kecil bertamu, sebagai orang tua pastikan Anda sudah memberikan informasi atau pengertian terlebih dahulu pada anak mengenai tempat yang ingin dikunjungi. Siapakan orang yang akan Anda dan anak temui dan katakan apa yang bisa Ia lakukan nanti di sana.  Tidak lupa untuk membicarakan etika dan peraturan yang harus dipatuhi selama berkunjung ke rumah orang lain.

Jangan lupa pula untuk membatasi peraturan pada hal yang boleh dilakukan anak, sehingga tidak membuatnya merasa terlalu dibatasi. Misalnya, ‘Nanti kamu boleh main di halaman, tetapi tidak keluar pagar ya’ atau ‘Nanti hiasan yang ada di ruang tamu untuk dilihat saja ya?’ dan semacamnya. Pastikan informasi yang Anda berikan tidak terlalu membatasi agar anak Anda tidak mengurungkan niatnya untuk ikut. Selain itu, dengarkan pula apa saja yang dikhawatirkan oleh si kecil ketika berkunjung ke rumah orang lain. Setelah mendengarkan, beri pengertian lebih dalam dan cari solusi bersama dengan si kecil.

Pikirkan pula Kenyamanan si Kecil

Alasan utama dari seorang anak yang rewel adalah perasaan yang tidak nyaman yang sedang ia rasakan pada saat itu. Maka ketika Anda ingin mengajaknya bertamu, pastikan Anda telah memperhatikan beberapa hal yang menyangkut kenyamanan si kecil. Hal tersebut terdiri dari berapa lama waktu perjalanannya, kondisi tempat yang akan dikunjungi, serta berapa lama Anda akan berkunjung.

Ketika bertamu dengan si kecil, usahakan agar tidak terlalu lama bertamunya terlebih lagi setelah jarak yang ditempuh sudah cukup jauh. Anda juga bisa membawa beberapa mainan, buku bacaan, dan juga benda lainnya untuk di bawa bersama si kecil supaya ia tidak mudah bosan. Makanan dan minuman kesukaan si kecil pun jangan sampai ketinggalan, karena ketika si kecil lapar ia akan lebih cepat rewel dari biasanya. 

Menegur dengan Nada Lembut

Ketika Anda sudah memenuhi keinginannya, namun si kecil tetap rewel pastikan Anda tidak ikut terbawa emosi dan akhirnya membentaknya dengan nada tinggi. Ingat, hal ini sangat dilarang dilakukan oleh orang tua apalagi ketika bertamu. Selain membuat diri Anda malu sendiri dengan sang tuan rumah, memarahinya hanya membuat si kecil semakin rewel. Jika memang anak Anda melakukan kesalahan, tegurlah ia dengan arif dan sabar. Berikan pengertian pada si kecil, belai anak dengan lembut dan ajak ia berkeliling jika ia mulai rewel hingga ia merasa baikkan.

Evaluasi

Setelah bertamu bersama si kecil, tidak ada salahnya Anda memberikan sedikit masukan kepada sang anak. Anda bisa mengatakan dan memujinya kalau Anda bangga dengan si kecil yang tidak rewel ketika bertamu atau Anda juga bisa memberikan pengertian kembali dengan lembut di rumah agar Ia tidak mengulangi hal tersebut jika diajak bertamu lagi.

Nah, itulah beberapa cara atau kiat yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengajak si kecil bertamu ke orang lain. Meskipun sudah dipersiapkan sebaik mungkin, tidak menutup kemungkinan jika si kecil akan melakukan kesalahan saat bertamu. Namun, namanya juga anak-anak, janganlah memarahinya karena memang pada saat-saat itulah si kecil belajar dan bantulah ia untuk belajar dari kesalahannya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :