4 Tips Anak Nyaman Bermain di Luar Rumah

Happy childhood in nature, beautiful scene

Sebagai orang tua, Mam pasti punya sedikit kekhawatiran ketika membiarkan Si Kecil bermain di luar rumah. Mulai dari apakah Si Kecil kulitnya bisa aman dari serangan serangga ataukah Si Kecil ini punya alergi yang berbahaya. Untuk menjaga Si Kecil agar selalu aman ketika bermain di luar rumah, Mam bukan berarti harus insecure dan mencegah Si Kecil hanya bermain di dalam rumah. Mam harus mempunyai solusi lain dan bukan menghalangi mereka.

Bermain di luar rumah bisa melatih beberapa faktor yang sangat bagus untuk membantu tumbuh kembangnya. Aktivitas ini bisa membantu Si Kecil agar motorik kasar dan halusnya berkembang secara sempurna. Manfaat lainnya adalah membantu komunikasi Si Kecil karena ketika di luar rumah dia akan berinteraksi dengan banyak orang. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat Si Kecil lebih nyaman saat bermain di luar rumah.

Gunakan pelindung kulit untuk anak

Sekarang banyak sekali produk pelindung kulit yang bisa Mam pilih untuk anak. Salah satu keunggulan menggunakan pelindung kulit adalah kulit Si Kecil aman dari sinar matahari yang terik. Kemudian, pelindung kulit juga sangat bermanfaat jika Si Kecil mempunyai alergi terhadap debu atau keringat. Jadi, pelindung kulit akan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Jangan lupa selalu pilih pelindung kulit yang cocok dengan jenis kulit Si Kecil, ya.

Sesuaikan mainan yang cocok dengan umurnya

Cara selanjutnya yang harus Mam lakukan adalah sesuaikan mainan yang cocok dengan umurnya. Jangan sampai Si Kecil bermain dengan mainan yang berbahaya bagi dirinya karena tidak cocok dengan umurnya. Apalagi ketika Mam mempunyai anak dengan usia di bawah 5 tahun, dirinya bakal sangat mudah untuk memainkan apapun yang ada di dekat dia. Jadi, Mam harus terus memantau jenis permainan Si Kecil, ya.

Berikan pakaian yang nyaman bagi Si Kecil

Selanjutnya adalah pastikan Mam selalu memberikan pakaian yang nyaman bagi Si Kecil. Pertama, Si Kecil harus memakai pakaian dengan bahan yang nyaman, seperti yang halus dan mudah menyerap keringat. Kedua, berikan celana panjang jika Si Kecil merupakan tipe yang suka bermain jatuh-jatuhan ataupun bermain di lapangan. Dengan memberikan pakaian yang nyaman, Si Kecil akan aman ketika bermain di luar rumah.

Batasi waktu bermain Si Kecil

Nah, ini adalah hal yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu membatasi waktu bermain Si Kecil. Si Kecil biasanya akan mudah hilang konsentrasi ketika dirinya sudah sangat lelah. Beberapa kelemahan saat Si Kecil lelah adalah dirinya bakal mudah jatuh dan itu sangat berbahaya bagi Si Kecil. Jadi, lebih baik untuk membatasi waktu bermain untuk Si Kecil agar tidak terlalu lama.

Mulai sekarang Mam tidak perlu khawatir lagi jika Si Kecil bermain di luar rumah, ya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :