4 Trik Mengajarkan Makna Natal kepada Si Kecil

Natal merupakansalah satu momen yang paling ditunggu Si Kecil karena ia tidak sabar menerima kado dari Mam. Lebih dari kado, sebenarnya masih banyak makna natal yang harus diajarkan kepada Si Kecil. Setiap orang tua tentu mempunyai cara yang berbeda-beda ketika mengajarkan sesuatu pada Si Kecil. Namun, Mam bisa menerapkan beberapa cara ini untuk mengajarkan makna Natal kepada Si Kecil.

Membeli Ornamen Natal Bersama Keluarga

Cara pertama mengajarkan makna Natal kepada Si Kecil adalah dengan mengajak mereka untuk membeli ornamen Natal bersama-sama. Cara ini akan membuat Si Kecil mengerti bahwa nuansa Natal sudah akan terasa sejak awal Desember. Ketika membeli ornamen Natal, Mam bisa meminta Si Kecil untuk memilih warna atau barang yang mereka sukai. Si Kecil pasti akan bersemangat ketika memasang ornamen tersebut di dalam rumah.

Teruskan Tradisi Beribadah Saat Malam Natal

Tradisi keluarga harus terus dilestarikan kepada Si Kecil sejak dini. Jadi, ketika Si Kecil sudah bisa diajak keluar bersama-sama, Mam bisa mengajak Si Kecil untuk beribadah Natal di gereja. Tradisi keluarga yang positif akan membuat Si Kecil terbiasa dan melanjutkannya ketika dewasa nanti. Selain itu, ketika berada di gereja, Si Kecil juga bisa bertemu dengan teman-teman sebayanya dan bermain. Ini akan membantu mengasah kemampuan komunikasi verbal bagi Si Kecil.

Ajak Si Kecil untuk Menukar Kado kepada Sesama dan Orang yang Membutuhkan

Salah satu makna Natal yang penting untuk diingat oleh Si Kecil adalah bagaimana dirinya bisa berbagai kepada sesama. Cara yang bisa Mam lakukan adalah dengan menukar kado kepada keluarga atau teman-temannya. Dengan menukar kado, Si Kecil akan mengerti bahwa makna Natal tidak hanya dirasakan oleh dirinya sendiri, tetapi juga semua orang yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Mam juga bisa mengajarkan kepada Si Kecil untuk memberi dan peduli terhadap orang yang membutuhkan. Misalnya, Mam mengajak Si Kecil ke panti asuhan. Cara ini akan berguna bagi kehidupannya kelak agar Si Kecil tahu bahwa di dunia ini ada orang yang membutuhkan dan perlu dibantu.

Ceritakan Kisah Religi

Cara terakhir untuk mengajarkan makna Natal kepada Si Kecil adalah dengan menceritakan kisah religi. Mulai sekarang, biasakan untuk bercerita kepada Si Kecil ketika mereka akan beranjak tidur. Kisah religi dapat membantu Si Kecil memahami lebih jauh tentang agamanya. Ceritakan pula pesan-pesan positif yang bisa diambil dari kisah religi tersebut, Mam. Walaupun mungkin Si Kecil masih belum bisa membaca, ia bisa belajar untuk membiasakan diri dengan buku agar nantinya akrab dengan dunia literasi.

 

Itulah beberapa trik yang bisa Mam lakukan untuk mengajarkan makna Natal kepada Si Kecil. Lakukan secara perlahan ya, Mam, jangan sampai menimbulkan kesan memaksa sehingga Si Kecil justru enggan melakukannya. Selamat merayakan Natal, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :