5 Cara Memilih Playgroup untuk Si Kecil

Sebelum mengenalkan Si Kecil pada dunia sekolah taman kanak-kanak, Mam bisa mendaftarkannya terlebih dahulu pada taman bermain atau playgroup. Di sini, Si Kecil tak hanya bisa bermain tapi juga sambil belajar, walaupun materi pembelajarannya tidak sebanyak taman kanak-kanak karena lebih sederhana. Selain itu, mendaftarkan Si Kecil pada playgroup juga bisa melatihnya untuk belajar berkomunikasi dengan teman-teman baru. Nah Mam, untuk itu, memilih playgroup juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lho! berikut 5 tips memilih playgroup yang bisa Mam coba.

Pilih Lokasi yang Dekat dengan Tempat Tinggal

Ini adalah hal utama yang bisa Mam jadikan pertimbangan. Lokasi playgroup yang lebih dekat akan memudahkan Mam untuk menjemput dan mengantarnya. Selain itu, jika mungkin terjadi apa-apa semisal Si kecil sakit mendadak dan sebagainya, Mam pun bisa dengan segera menjemput dan membawanya pulang. Lokasi playgroup yang dekat dengan rumah juga bisa membuat Mam lebih tenang.

Kebersihan Lingkungan

Nah, ini juga tidak boleh dilupakan, Mam. Si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang lebih rentan dibanding orang dewasa. Kebersihan lingkungan di sekitarnya juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. Jika lingkungan playgroup tempat ia menghabiskan hari-harinya tidak seberapa bersih, maka hal ini berisiko membuat kuman dan bakteri masuk ke tubuhnya sehingga ia pun mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, pastikan Mam mencari playgroup dengan kebersihan yang terjamin, ya!

Durasi

Setiap playgroup menawarkan durasi yang berbeda-beda tentang program mereka. Ada yang hanya berlangsung selama beberapa jam, ada yang setengah hari, dan bahkan program fullday pun juga ada. Jika Mam merasa khawatir jika Si Kecil belum bisa menerima program fullday, maka pilih yang berdurasi lebih singkat. Bantu ia untuk menyesuaikan dirinya dulu. Jika dirasa cocok, Mam kemudian bisa menambah durasi penitipan hingga beberapa jam ketika Si Kecil sudah mulai terbiasa.

Jumlah Murid dalam Satu Kelas

Berbeda dengan taman kanak-kanak, idealnya, jumlah murid dalam satu kelas untuk playgroup adalah sekitar 20 hingga 25. Lebih dari itu, guru akan kewalahan. Tanyakan dulu pada pihak sekolah berapa banyak muridnya dalam setiap kelas. Semakin sedikit murid yang harus di-handle oleh seorang guru dalam satu kelas, maka interaksi pun juga akan semakin maksimal dan Mam pun tak perlu khawatir jika Si Kecil kurang diperhatikan oleh guru.

Budget

Bisa dibilang, faktor inilah yang menentukan pilihan Mam. Semakin tinggi budget yang Mam miliki, maka kesempatan untuk mendapatkan yang terbaik bagi Si Kecil juga semakin lebar. Namun, bukan berarti dengan budget rendah Mam tidak bisa mendapatkan playgroup yang baik. Untuk itu sebelum memilih playgroup, ada baiknya Mam bertanya ke tetangga, keluarga, teman, atau saudara terdekat tentang playgroup mana yang baik tapi harganya cukup terjangkau.

Dari semua tips di atas, ada satu hal yang tidak boleh Mam kesampingkan, yakni naluri Mam, karena walau bagaimanapun juga, naluri seorang ibu pada umumnya selalu benar jika terkait hal-hal yang menyangkut Si Kecil. Jadi, pikirkan secara benar-benar ya, Mam.

Baca juga:

Si ‘Pink’ Pencuri Perhatian

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :