5 Cara Mengajarkan Si Kecil Agar Tidak Membawa Smartphone ke Sekolah

Perkembangan teknologi memang terjadi begitu pesat memang membuat anak usia dini sudah lebih mahir untuk menggunakan gadget. Menggunakan gadget memang tidak ada salahnya, belum lagi gadget juga bisa menjadi salah satu sarana hiburan si kecil agar ia tidak rewel. Mam, tapi tahukah Anda kalau setiap sisi positif pasti ada sisi negatifnya. Jika dibiarkan gadget  juga bisa mengganggu aktivitas belajarnya di sekolah dan mengganggu prestasinya, Mam! Anda tentu tidak ingin, kan? Simak cara di bawah ini untuk mengajarkannya untuk tidak membawa smartphone  ke sekolah.

Membuat Batasan Waktu Menggunakan Smartphone

Hal menarik dari Smartphone yang paling utama memang ada pada ragam game yang ditawarkan di dalamnya. Agar si kecil tidak membawa smartphone ke sekolah, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan smartphone tersebut. Membatasi bukan berarti Anda harus benar-benar melarangnya bermain game,Mam! Jangan pernah lelah untuk memberikan peringatan secara berkala jika waktu yang sudah disepakati sudah hampir habis.

Mendorong Anak untuk Aktif ke Berbagai Kegiatan di Sekolah

Namanya juga si kecil sudah kecanduan dengan gadget, tidak heran kalau ia pun akan mencari beragam cara agar ia bisa bermain dengan smartphone-nya bahkan hingga ke sekolah. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendorong si kecil untuk mengembangkan hobi yang tidak membutuhkan smartphone.

Alihkan perhatian si kecil dari smartphone dengan mengajaknya bergabung dengan berbagai kegiatan di sekolah yang ia sukai dan juga menyenangkan, seperti berenang, bulu tangkis, bela diri, musik, dan juga lainnya.  Jangan lupa pula untuk mengajak si kecil jika ada kegiatan masyarakat yang sedang berlangsung agar perhatian pada smartphone-nya teralihkan.

Membatasi Penggunaan Jaringan Internet di Rumah

Selain memberikan batasan waktu menggunakan smartphone, jangan lupa untuk membatasi pula koneksi internet Anda di rumah. Jangan berikan koneksi internet pada si kecil ketika ia berada di luar rumah terutama saat di sekolah. Sambungan internet menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap kegemarannya dengan bermain gadget dan membuatnya semakin mencintai kehidupan dunia maya.

Ajak si Kecil untuk Bermain Keluar rumah

Mam, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak kegiatan si kecil di luar rumah agar ia semakin teralihkan dari penggunaan smartphone. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain ke luar rumah, menikmati pemandangan indah di sekitar rumah atau sekolah, dan juga hal lain yang mampu membuatnya lupa dengan gadget. Jangan lupa untuk selalu mendampingi si kecil ketika Anda ingin membawanya menikmati dunia luar.

Mendiskusikan dengan Anak Anda

Cara yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh Anda adalah dengan mendiskusikan kepada si kecil mengapa perlu batasan dalam menggunakan gadget. Jelaskan kalau hal tersebut dilakukan demi kebaikan dan juga kelancaran pendidikannya di sekolah. Berikan pula pemahaman logis dengan menjelaskan beberapa dampak negative yang bisa ditimbulkan.

Nah, Mam, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil tidak membawa gadget atau smartphone-nya ke sekolah. Jangan lupa pula untuk menjadi contoh yang baik bagi si kecil,ya, Mam!

 

Baca juga:

Mi Instan Vs Kehamilan

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :