5 Cara Unik Menghukum Si Kecil Ketika Berbohong

Mam, memiliki buah hati memang merupakan anugerah terbaik yang bisa didapatkan oleh para pasangan di muka bumi ini. Menjalankan kewajiban sebagai orang tua pun menjadi pengalaman yang luar biasa menyenangkan dan terkadang mnejengkelkan. Tapi semua suka duka melihat si kecil tumbuh besar akan menjadi kenangan manis ketika mereka tumbuh menjadi dewasa. Berbagai kenakalan sering kali anak Anda lakukan, ada sebagian yang bisa Anda maklumi dan ditolelir. Tapi bagaimana kalau si kecil sudah pintar berbohong? Mam, tenang saja, berikut beberapa cara unik untuk menghukum si kecil ketikan berbohong.

Time-Ins

Mam, rasanya hampir tidak mungkin kalau si kecil pernah membuat masalah atau kesalahan tanpa ia sadari. Jika kesalahan tersebut sudah hampir melewati batas, Anda bisa mencoba untuk menghukum si kecil dengan teknik time-ins. Hukuman satu ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyediakan satu ruangan dan juga satu kursi. Ketika ia membuat kesalahan, coba suruh ia masuk ke dalam ruangan tersebut beberapa menit. Anak kecil biasanya akan kesal kalau disuruh berdiam lama dalam satu tempat. Selama di dalam ruangan, Anda bisa memberikan tugas yang unik agar ia tak merasa sedih untuk menunggu waktu hukumannya habis.

Kotak Hukuman

Cara lain untuk memberikan hukuman pada si kecil yang kedua adalah dengan membuat sebuah kotak hukuman. Dalam kotak ini akan berisi beberapa lembar kertas yang berisi dengan berbagai hukuman untuk si kecil. Ketika ia melakukan kesalahan, biarkan si kecil yang mengambil sendiri apa hukuman yang akan ia terima. Sebelumnya, lakukan dulu diskusi kepada si kecil kira-kira hukuman seperti apa yang ia setujui.

Tuliskan semua hukuman tersebut dan masukkan ke dalam kotak kecil. Anda bisa memasukan hukuman-hukuman seperti dilarang bermain gadget, menonton tv, dan juga lainnya. Agar semakin seru, Anda bisa memasukan kertas ‘bebas hukuman’ sehingga ia sesekali bisa merasa beruntung karena lolos dari hukuman.

Hukuman hold your tongue

Mam, ketika Anda mendapati anak Anda berbohong atau berkata kasar, cobalah menghukumnya dengan cara meminta ia untuk melakukan hold your tongue. Setelah ketahuan berbohong, mintalah untuk si kecil menjulurkan lidahnya dan tahan menggunakan dua jari. Hukuman ini menjadi salah satu koreksi yang cukup efektif untuk membuatnya jera karena sudah berbohong.

Memberikan PR Tambahan

Mam, ada cara kreatif dan juga bermanfaat sebagai hukuman untuk anak Anda yang habis berbohong, yakni dengan memberikannya PR tambahan kepada si kecil. Jika si kecil sudah bisa membaca dan menulis, cobalah untuk memintanya mencari kisah dari lima orang pembohong di dunia yang terkenal atau menghukumnya dengan mengerjakan PR sekolahnya. Selain membantunya dalam belajar, hukuman ini pun bisa menambah wawasan kepada si kecil.

Tidur Lebih Cepat

Hampir sama dengan membiarkan diam di dalam satu ruangan beberapa menit, ketika si kecil berbohong cobalah untuk menyuruhnya tidur lebih cepat dari biasanya. Waktu yang Anda pilih bisa ditentukan dari seberapa lama Anda ingin menghukumnya. Jika biasanya si kecil tidur jam 8, cobalah untuk membuatnya tidur jam 7.30 atau jamn 7. Anak-anak biasanya tidak suka dengan waktu tidur yang lebih cepat karena masih ingin terus bermain.

Nah, Mam, itulah beberapa cara kreatif untuk menghukum si kecil ketika berbohong. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Mam, membuat si kecil jera atas kesalahannya terkadang memang diperlukan asal hukuman tersebut masih dalam batas wajar dan tidak membuatnya merasa malu apalagi sampai tega menyakiti fisik mereka.

 

Baca juga :

Tips Aman Naik Kereta untuk Ibu Hamil

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :