5 Hal yang Harus Mam Perhatikan ketika Membawa Anak ke Tempat Kerja

Permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh para orang tua khususnya ibu yang bekerja adalah ketika harus membawa si kecil ke tempat kerja. Permasalahan ini kerap terjadi pada ketika musim liburan telah berakhir dan asisten rumah tangga/baby sitter si kecil sedang cuti dan tidak ada seorang pun yang bisa menjaga si kecil. 

Membawa si kecil ke tempat kerja bukanlah salah satu pilihan terbaik, karena kantor bukanlah tempat yang tepat untuk anak. Tapi bagaimana jika hanya itu yang bisa Anda lakukan? Mam, sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke kantor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut penjelasannya.

Memberitahu Atasan

Sebelum membawa si kecil ke kantor, pastikan Anda sudah memberitahu atasan Anda terlebih dahulu mengenai rencana tersebut. Jika Anda memiliki alasan yang kuat, pastinya atasan Anda akan mengerti dan memberikan Anda izin untuk membawa si kecil.

Mempersiapkan Ruang untuk Bermain

Mam, ketika membawa si kecil ke kantor pastikan Anda sudah tahu ruangan mana yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan tempat bermain si kecil. Ruang kosong yang tidak dipenuhi dengan peralatan kantor akan sangat membantu anak Anda untuk tidak berekplorasi dan mengganggu rekan kerja Anda yang lain. Akan lebih baik lagi jika kantor Anda memiliki ruangan sendiri, sehingga Anda bisa menutup pintu ruangan dan membiarkan si kecil bermain di dalamnya sambil menunggu Anda menyelesaikan pekerjaan.

Jangan Lupa Membawa Kebutuhan Anak

Mam, ketika Anda membawa anak ke kantor, pastikan semua kebutuhan pribadi si kecil seperti baju ganti, popok, camilan, dan minuman/makanan kesukaan si kecil sudah tersedia. Mengingat akan sangat sulit untuk menemukan kebutuhan seperti itu di lingkungan sekitar kantor. Anda juga bisa membawa beberapa mainan kesukaan si kecil seperti buku gambar, pensil warna, boneka, dan mainan lainnya untuk membuat si kecil sibuk dan tidak rewel.

Mempersiapkan Makan Siang di Kantor

Jika Anda biasanya makan siang bersama rekan kerja di luar kantor, akan lebih baik jika Anda membawa sendiri makan siang Anda ketika datang ke kantor bersama si kecil. Dengan membawa bekal atau hanya makan di dalam kantor, Anda bisa menemani si kecil sambil bermain sepanjang waktu istirahat kerja Anda. Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa meminta tolong dibelikan makanan oleh office boy kantor Anda, sehingga lebih banyak lagi waktu yang bisa Anda habiskan bersama si kecil.

Jangan Melibatkan Orang Lain di Kantor

Ini adalah aturan yang sangat perlu Anda perhatikan, sebisa mungkin kehadiran anak Anda tidak membuat repot dan melibatkan rekan kerja Anda. Ingat, mereka juga memiliki kesibukkan dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Anda boleh meminta bantuan pada OB, tetapi bukan berarti Anda bisa mengganggu tugasnya. Memang terkadang ada saja rekan kerja yang ingin membantu Anda, tapi pastikan ia membantu karena keinginan mereka sendiri bukan karena Anda minta.

Mam, demikianlah beberapa aturan yang harus Anda perhatikan ketika akan membawa si kecil ke kantor. Bawalah anak Anda ke kantor ketika memang itu pilihan yang bisa Anda pilih, misalnya karena anak Anda tidak bisa dititipkan pada siapapun. Pastikan pula Anda membawa anak Anda ketika pekerjaan Anda tidak begitu berat dan tidak ada jadwal meeting penting yang harus Anda datangi.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :