5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anak Menginap di Rumah Teman

Anak yang ingin menginap di rumah teman memang merupakan hal wajar. Memberikannya kesempatan untuk menginap di rumah teman pun tidak ada salahnya, apalagi saat anak sudah mulai bersekolah. Meskipun mungkin mam sedikit khawatir, namun mengizinkan anak menginap di rumah teman dapat mengajarkannya cara beradaptasi serta menumbuhkan kemandirian lho, mam. Nah, agar mam bisa mendapatkan manfaat dari mengizinkan anak menginap di rumah teman dan ia merasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Berikut informasinya!

Bekali anak dengan perlengkapan pribadi

Agar anak nyaman selama menginap di rumah teman, mam harus membekalinya dengan perlengkapan pribadi yang dibutuhkan. Siapkanlah beberapa hal penting seperti alat mandi, handuk bersih, hingga baju ganti. Mam juga bisa menyiapkan selimut dan boneka kesayangannya bila kali ini adalah momen menginap pertamanya. Yang terpenting adalah mam harus memastikan bahwa anak akan merasa nyaman ketika berada di lingkungan baru.

Berikan anak tanggung jawab

Mengajari anak bertanggung jawab sejak kecil penting untuk membangun karakter yang baik. Kematangan anak secara fisik dan mental untuk berpisah dengan orang tua adalah ketika ia berusia 7-8 tahun. Dalam usia tersebut anak sudah mulai melakukan berbagai hal sendiri dan berpikir dampak perbuatannya. Sebelum mengizinkan anak menginap di rumah teman, mam harus memastikan bahwa ia memang mau menginap (tanpa paksaan). Lalu, mam juga harus menjelaskan tanggung jawab yang perlu ia lakukan seperti bersikap baik dan sopan, tidak rewel, hingga menghargai anggota keluarga tempatnya menginap.

Beri penjelasan pada anak tentang perbedaan kebiasaan tidur

Hal ini perlu mam lakukan bila sebelum tidur anak memiliki kebiasaan tertentu. Misalnya harus mendengarkan dongeng, mendapat pelukan dan kecupan selamat tidur, atau kebiasaan-kebiasaan lainnya. Mam harus menjelaskan pada anak bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut tak bisa ia dapatkan sementara selama menginap di rumah teman. Memberikan pengertian kepada anak mengenai hal tersebut dapat membantunya untuk menyesuaikan diri pada lingkungan baru.

Pastikan anak sudah bisa mengurus diri sendiri

Izin yang mam berikan kepada anak untuk menginap di rumah teman haruslah didukung dengan kesiapan ank. Pastikan anak sudah bisa mengurus dirinya sendiri agar anak tidak membuat masalah selama menginap di rumah teman. Paling tidak mam harus mengajari anak untuk bisa mandi, ke toilet sendiri, hingga merapikan tempat tidur setelah bangun agar tidak membuar kamar milik tuan rumah jadi berantakan dan membuat momen menginapnya jadi kurang menyenangkan.

 

Berkomunikasi dengan orang tua teman tempat anak menginap

Selain memastikan rumah teman tempat anak menginap, mam juga sebaiknya berkomunasi dengan orang tua teman anak tersebut. Hal ini penting agar keluarga teman Si Kecil setidaknya bisa tahu cara menghadapi anak mam. Mam juga bisa memberikan pesan-pesan kecil yang barangkali perlu diketahui selama anak menginap. Setelah anak menginap, jangan lupa pula untuk berterimakasih karena sudah menjaga Si Kecil dan meminta maaf barangkali orang tua teman anak jadi kerepotan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anak menginap di rumah teman, mam. Beberapa hal di atas perlu diperhatikan untuk membuat momen menginap Si Kecil berlangsung aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :