5 Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Perkembangan Anak

Manfaat pelukan, pelukan orang tua, tumbuh kembang anak Photo Credit: Pexels

Tanpa disadari, ada banyak manfaat pelukan orang tua bagi Si Kecil. Selain tentu bisa memberi perasaan tenang, aman, dan nyaman, pelukan yang diberikan oleh orang tua juga memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil. Terlebih jika setiap harinya Mam dan Ayah telah disibukkan dengan pekerjaan masing-masing di kantor. Memberi pelukan bagi Si Kecil tentu penting dan harus dilakukan setiap harinya. Inilah manfaat pelukan orang tua yang perlu Mam dan Ayah ketahui.

Menghadirkan ikatan batin yang kuat

Manfaat pelukan orang tua bagi anak yang paling cepat terasa efeknya yaitu menghadirkan ikatan batin yang kuat. Penelitian yang dilakukan oleh pakar psikolog anak dari University of Italy bahkan menunjukkan bahwa selama mendapat pelukan, maka hormon endomorfin dalam diri anak akan meningkat sehingga menghadirkan ikatan batin yang kuat. Dengan begitu, Mam dan Ayah dapat menciptakan bonding yang lebih baik melalui sebuah pelukan.

Memberi rasa percaya diri pada Si Kecil

Mam, memberi pelukan pada Si Kecil berarti membuatnya merasa mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya. Untuk itu, Si Kecil bisa lebih percaya diri untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin ia hadapi. Si Kecil tidak lagi menjadi anak yang penakut, karena ia tahu betul kedua orang tuanya selalu memberi dukungan penuh terhadap segala keputusan yang diambil olehnya.

Mencegah kemungkinan stres

Berdasarkan hasil penelitian Journal of Epidemiology and Community Health, anak yang sering mendapat pelukan dari kedua orang tuanya memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah lebih baik. Artinya, anak tidak mudah stres terhadap hal-hal yang harus ia hadapi. Jika terus dipupuk sejak dini, maka Si Kecil pun akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah putus asa karena memiliki ketahanan diri yang baik.

Membentuk karakter yang penuh kasih sayang

Tentu saja, anak yang sering mendapat pelukan dan kasih sayang dari kedua orang tuanya secara otomatis akan memiliki karakter yang penuh kasih sayang juga. Untuk itu, sebaiknya Mam dan Ayah tidak memegang kepercayaan orang-orang zaman dulu bahwa anak yang sering dipeluk akan menjadi manja dan cengeng. Karena faktanya, manfaat pelukan orang tua bagi perkembangan anak sangatlah baik.

Meningkatkan kecerdasan Si Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika mendapat pelukan dari orang tua, anak akan menghasilkan hormon endomorfin. Hormon ini berperan penting dalam memperlancar tekanan darah sehingga konsentrasi belajar Si Kecil pun semakin baik. Dengan demikian, Si Kecil dapat menyerap materi pelajaran di sekolah dengan mudah. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk selalu memberi pelukan pada anak sebelum mereka berangkat ke sekolah ya, Mam!

 

Manfaat pelukan orang tua bagi perkembangan anak memang tidak bisa disepelekan lagi. Bahkan pelukan yang penuh kasih sayang dan kelembutan juga bisa mengembalikan mood dan energi Si Kecil. Oleh karena itu, sesibuk apapun urusan Mam dan Ayah di kantor, pastikan untuk selalu memeluk Si Kecil bahkan ketika ia sudah terlelap tidur.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :