5 Tanda-Tanda Si Kecil Jenius

Mam, siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas ataupun jenius? Setiap orang tua tentu banga jika anaknya bisa tumbuh cerdas dan juga jenius. Mam, permasalahan kecerdasan dan juga kejeniusan memang bisa dilatih dengan beberapa kegiatan yang mampu mengasah otak dan dilakukan secara rutin. Tapi tidak jarang pula sejak usia dini beberapa anak sudah menunjukkan beberapa tanda-tanda kejeniusan otaknya. Apakah tanda-tanda di bawah ini Mam temukan di anak Anda?

Banyak Bertanya

Mam, jangan sebal ketika si kecil sering mengajukan pertanyaan yang mungkin saja menurut Anda tidak perlu ditanyakan. Mengapa? Karena Salah satu tanda utama dari seorang anak yang memiliki otak yang jenius adalah ia gemar sekali bertanya. Anak yang jenius biasanya selalu ingin tahu secara detail mengenai sesuatu atau informasi baru yang ia dapatkan.

Ia takan segan-segan bertanya mulai dari apa, dimana, bagaimana, mengapa, darimana, dan juga kapan setiap harinya. Setelah bertanya, ia pun tidak lantas puas, ia pasti akan mencoba hal-hal yang sudah dijelaskan dan membuktikan kebenarannya.

Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Tanda-tanda kalau anak Anda jenius yang paling menonjol lainnya adalah si kecil memiliki daya ingat yang sangat kuat. Jika pada umumnya orang dewasa cenderung membutuhkan alat bantu seperti catatan untuk mengingat sesuatu, si kecil yang terlahir jenius ini sama sekali tidak membutuhkan alat bantu karena semuanya sudah terekam baik di dalam ingatannya.

Dari kemampuan daya ingatnya ini pula yang membuat si kecil menjadi sangat aktif bertanya kepada Anda. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menjawab dengan asal-asalan atau menyia-nyiakan masa aktif si kecil karena sangat berpengaruh pada perkembangan otak si kecil.

Kemampuan Berimajinasi yang Luar Biasa

Mam, apakah Anda sering mendapati si kecil gemar berbicara sendiri?  Tenang,Mam, itu bukan berarti si kecil memiliki kelainan. Justru hal seperti ini pun dijadikan sebagai salah satu tanda dari kejeniusan si kecil. Berbicara sendiri berarti si kecil memiliki kemampuan berimajinasi yang hebat. Bahkan sebanyak 85% anak pasti memiliki teman imanjinasi. Jangan aneh bila melihat si kecil berbicara sendiri, biasanya selain memiliki teman imajinasi anak jenius juga sering kali membayangkan suatu rencana sebelum terealisasikan. Luar biasa,ya?

Mampu Berpikir dengan Cepat

Ciri atau tanda kalau anak Anda jenius selanjutnya adalah ia mampu berpikir lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak sebayanya. Anda bisa melihat ciri-ciri ini ketika si kecil cenderung lebih cepat mengeluarkan gagasan atau ide dibandingkan oleh temannya. Hal ini semakin terbukti ketika si kecil pun mengeluarkan ide yang terbilang cemerlang. Memiliki daya ingat yang kuat dan juga daya serap informasi yang baik membuat si kecil menjadi berpikir lebih cepat dibandingkan dengan anak lainnya.

Senang Mendongeng

Tanda satu ini juga masih berkaitan dengan bagaimana si kecil cepat sekali menangkap dan mengingat informasi yang sudah ia dapatkan. Kemampuan satu inilah yang membuat si kecil gemar bercerita dan membagikan informasi kepada orang lain ketika ada kesempatan. Si kecil gemar sekali mencertitakan kembali hal-hal yang sudah terjadi secara detil, mulai dari di mana lokasinya, kapan waktu terjadinya, bahkan lengkap dengan detil-detil kecil seperti warna, tekstur, dan juga suara yang didengar.

Mam, itulah beberapa tanda-tanda kalau si kecil memiliki kecerdasan atau kejeniusan. Jika memang Anda menemukan beberapa tanda di atas pada anak Anda, mulailah untuk membelikan beberapa buku untuknya agar kecerdasannya semakin terasah.

 

Baca juga :

Sayur Durian Pedas

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :