4 Cara Membuat Si Kecil Berani Bertemu Orang

Si kecil susah diajak bertemu orang lain? Tenang, Mam cukup lakukan empat hal berikut untuk membuatnya lebih berani bertemu dengan orang lain. Apa saja?

Ajarkan Si Kecil untuk Mengasihani

Dengan memiliki rasa kasihan akan orang lain, setidaknya si kecil tak akan ragu untuk menolong orang ketika ia melihat orang lain kesusahan. Kebanyakan, saat ini Mam akan melihat anak dijauhkan dari orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti ketika ada seseorang yang jatuh di jalan dan diajarkan bahwa itu bukan urusannya. Hal ini dapat membuatnya tak peduli pada orang lain dan memberikan efek tidak berani bertemu orang lain karena ia akan merasa bahwa orang lain dapat membuat bertambahnya urusan yang seharusnya tidak ia inginkan.

Tidak Masalah Menjadi Berbeda

Ketika seseorang diajarkan bahwa ia harus selalu sama dengan orang lain, hal ini akan membuatnya merasa bahwa ia tidak cocok bersama orang lain ketika ia berbeda. Karena itu ada baiknya Mam mengajarkan bahwa menjadi berbeda itu tidak masalah dan setiap orang tidak akan ada yang sama, karena itu bertemu dengan orang-orang yang berbeda akan membuat dunianya makin menyenangkan.

Beri Waktu Ia untuk Berbicara

Meski ia anak kecil, jangan menyuruhnya untuk terus mendengarkan Mam. Berikan waktu berbicara padanya, apalagi ketika ia ingin mengutarakan pendapatnya. Percaya tidak percaya, anak yang diberikan kebebasan berbicara akan lebih mudah untuk bergaul dengan orang lain. Mereka pun cenderung lebih antusias untuk melakukan hal dan bertemu dengan orang-orang baru.

Jangan Batasi Pertemanannya

Ketika Mam membatasi pertemanan si kecil, hal ini membuat dirinya bergaul dengan terpaksa. Keterpaksaan ini tak akan membuatnya terbuka dan senang bertemu dengan orang lain. Memang adalah kewajiban Mam untuk melindunginya dari teman yang dirasa kurang baik, namun dengarkan alasan si kecil mengapa ia berteman dengan anak tersebut. Bila alasannya masuk akal, tak ada salahnya untuk membuatnya tetap bergaul dengan anak lain.

Intinya, Mam harus terbuka kepadanya agar ia merasa dapat terbuka dan mau bertemu dengan orang lain. Hal ini juga akan membantunya untuk bergaul di kemudian hari.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :