4 Tanda Si Kecil Merasakan Perlakuan Buruk

Tidak hanya luka atau lebam di tubuh yang menjadi tanda bahwa si kecil mengalami perlakuan buruk di luar sana. Empat tanda berikut ini juga bisa menjadi petunjuk.

Banyak Barang yang Hilang

Ketika si kecil menghilangkan barang yang ia miliki sekali, mungkin itu memang kebetulan. Namun bila ini kerap terjadi, bisa jadi karena ia sedang menerima bullying dari sekitarnya. Salah satu tindakan yang kerap dilakukan oleh bullier adalah menyembunyikan atau bahkan membuang barang-barang target mereka. Jangan sepelekan barang yang menghilang ya, Mam!

Kerap Lapar Meski Sudah Dibawakan Bekal

Salah satu jenis kekerasan lainnya adalah bentuk perampasan, bila dalam ukuran anak-anak umumnya adalah perampasan makanan. Ketika si kecil kerap merasa lapar padahal Anda sudah membawakannya bekal, Anda perlu mencurigai adanya perampasan tersebut. Tanyakan padanya secara perlahan dan jangan segera marah dan memarahinya kenapa tak meminta balik makanan tersebut karena si kecil sedang butuh bantuan Anda.

Sering Menolak Bertemu Orang Lain

Ketika dulunya ia sangat supel dan suka bertemu orang lain lalu mendadak ia kerap mengurung dirinya bahkan menolak untuk bertemu dengan orang lain, Mam perlu curiga. Ketidak inginan untuk bertemu orang lain bisa menjadi tanda bahwa ia menerima kekerasan. Kekerasan tersebut dapat membuatnya curiga pada orang lain, sehingga ia menghindar dari mereka.

Berbohong Bahwa Ia Sakit

Bila ia kerap berbohong bahwa dirinya sakit agar tak masuk sekolah atau bertemu orang lain, bisa jadi ini tanda bahwa ia menerima kekerasan di luar sana. Memang ada anak yang berbohong tentang sakitnya agar ia tak masuk sekolah, namun bila ini terjadi setiap minggu maka hal ini tidak normal. Jangan langsung memarahi mereka karena berbohong, tanyakan pada mereka mengapa mereka berbohong? Apakah ada hal yang tak mereka inginkan di luar sana?

Inilah beberapa tanda bahwa si kecil mengalami kekerasan di luar sana. Memang sebaiknya Mam tidak langsung naik pitam ketika mendapati hal ini. Tetap tenang dan langsung diskusikan pada wali pelaku kekerasan tersebut agar masalah ini tak semakin luas.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :