5 Pola Asuh yang Benar untuk Anak Zaman Sekarang 

Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan istimewa. Kepribadian anak akan dipengaruhi oleh pola asuh yang diterimanya dan juga faktor lingkungan. Ini adalah tantangan nomor satu untuk para orang tua karena memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik anak. Apalagi di zaman sekarang dengan berbagai kemajuan teknologi. Bagaimana pola asuh yang benar agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas di zaman sekarang? Perhatikan beberapa tips di bawah ini ya, Mam!

Dukung minat anak

Setiap orang tua tentu punya cara dan metode yang berbeda untuk mendidik anak mereka. Mendukung minat anak adalah hal yang sangat penting karena masing-masing anak memiliki potensi luar biasa dalam dirinya. Berikanlah dukungan yang penuh pada Si Kecil di bidang-bidang yang ia sukai untuk lebih menggali potensi dan bakat terpendamnya. Bila perlu, ikutlah berlatih bersamanya dan jadilah teman berlatih yang menyenangkan untuknya.

Berikan pujian

Bila Si Kecil berprestasi, jangan ragu untuk memberikan pujian dengan tulus. Hal itu dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dan meningkatkan rasa harga dirinya. Anak pun juga akan menjadi lebih pede untuk mencoba hal baru lainnya. Ciptakan lingkungan yang positif untuk memberikan pengaruh yang baik demi pengembangan kepribadian dan perilaku si Kecil.

Tidak membandingkan

Jangan pernah sekali pun membandingkan Si Kecil dengan anak lain karena pengembangan kecerdasannya justru bisa terhambat. Ingatlah bahwa setiap anak pasti memiliki kelebihan masing-masing. Mam cukup fokus pada kelebihannya. Berikanlah kasih sayang dan ciptakan suasana yang penuh cinta dan kehangatan karena hal ini bisa mengembangkan kecerdasan emosional Si Kecil. Lupakan sikap otoriter karena hanya akan membuat Si Kecil takut bahkan frustasi.

Bacakan buku pengetahuan5

Membacakan anak buku pengetahuan dan ensiklopedia sangat bermanfaat untuk menambah minat baca anak. Selain itu, Si Kecil juga bisa menyerap pengetahuan dari buku-buku tersebut. Berikan si Kecil fasilitas untuk mengenal dunia dan aspek-aspek kehidupan. Hal ini akan membuat Si Kecil berpandangan lebih terbuka terhadap berbagai hal baru sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Berikan kesempatan bersosialisasi

Usia anak-anak memang membutuhkan banyak waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Berikanlah Si Kecil kesempatan bersosialisasi seluas-luasnya untuk menambah pengalaman emosional dan belajar demi mengekspresikan perasaannya. Ini juga penting agar Si Kecil belajar berperilaku dengan baik, menghargai, dan menghormati orang lain. Si Kecil juga akan jadi lebih berani menuangkan ide dan pemikirannya dalam bentuk kata-kata sehingga dia akan lebih percaya diri saat berada di depan umum.

Mam, sudah siap mempraktikkan tips pola asuh anak zaman sekarang di atas? Dengan metode pola asuh yang tepat, Mam bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga Si Kecil tumbuh menjadi anak yang hebat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :