5 Tindakan Anak Menunjukkan Kasih Sayangnya untuk Orang Tua

Banyak cara yang dilakukan Si Kecil untuk mengekspresikan rasa sayangnya kepada orang tua. Sama halnya dengan orang tua yang menujukkan kasih sayang pada anaknya. Si Kecil mungkin akan melakukan beberapa hal sederhana yang dapat membuat Mam bahagia dan merasa bangga. Apa saja? Lihat beberapa tindakan di bawah ini.

Membuat tulisan sederhana

Si Kecil bisa mengungkapkan rasa sayang dengan memberikan tulisan yang dibuatnya sendiri untuk Mam. Misalnya di momen-momen tertentu seperti hari ibu atau saat ulang tahun, si Kecil bisa mengekspresikannya melalui kertas dengan tulisan “Selamat ulang tahun, Mama. Aku sayang Mama”. Selain tulisan, bisa juga si Kecil memberikan Mam sebuah gambar buatannya untuk menunjukkan kasih sayangnya. Ini membuat hari-hari lebih berarti.

Memberi pelukan

Memberikan pelukan merupakan salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan Si Kecil untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Kontak fisik ini meskipun sederhana, namun mampu memberikan makna yang cukup dalam. Si Kecil bisa saja memeluk dan mencium pipi Mam sambil mengucapkan “I love you, Mom”, simpel tapi bisa membuat hati Mam sangat bahagia. Si Kecil mengatakan secara langsung bahwa dia menyayangi Mam.

Memberi kejutan

Kasih sayang bisa ditunjukkan dengan berbagai macam cara. Si Kecil bisa saja memberikan Mam kejutan kecil, dapat berupa kolase foto atau barang-barang sederhana yang dia buat sendiri. Terkadang barang buatan sendiri lebih berarti dibandingkan dengan hadiah yang dibeli langsung di toko. Tidak hanya di hari spesial, kadang di hari-hari biasa Si Kecil juga bisa memberi kejutan sederhana. Terkadang, sebuah tindakan memang punya arti yang lebih bermakna jika dibandingkan dengan kata-kata.

Mengucapkan secara langsung

Si Kecil bisa mengungkapkan rasa sayangnya melalui ucapan secara langsung, misalnya ketika Mam selesai menyiapakan makanan, kemudian dia berkata, “Terima kasih untuk makanannya, makanan ini lezat sekali.” Bila Mam sedang dinas dil uar kota, bisa saja anak tiba-tiba menelepon dan menanyakan kabar. Si Kecil juga mengucapkan rasa kangen atau rindu dan berharap Mam segera pulang.

Membantu pekerjaan rumah

Membantu pekerjaan rumah merupakan salah satu bentuk ekspresi kasih sayang anak untuk orang tua. Anak yang tidak mengeluh bila disuruh dan tidak mengabaikan tugas yang diberikan itu adalah hal yang membahagiakan, bukan? Ini merupakan salah satu bentuk komunikasi positif dari anak untuk meluapkan emosi positif dengan cara yang berbeda.

Sebagian anak mungkin masih ada yang merasa malu untuk melakukan tindakan yang menujukkan ekspresi kasih sayang mereka pada orang tua. Ada juga tipe anak yang menunjukkan rasa sayang dengan cara mencapai prestasi di bidang yang ia tekuni. Tujuannya untuk membuat Mam senang dan bangga kepadanya. Jadi, jangan lupa untuk mengapresiasi tindakan Si Kecil ya, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :