Ajarkan Pekerjaan Rumah Ini pada Si Kecil Yuk, Mam!

Anak dengan pribadi yang rajin, mandiri, tangguh, dan suka menolong tentu menjadi impian para orang tua. Melatih anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak balita. Hal ini penting supaya anak tidak tumbuh menjadi manja dan tidak hanya mengandalkan orang tua atau asisten rumah tangga.

Anak yang rajin mengerjakan pekerjaan rumah tangga sejak kecil cenderung akan lebih sukses dalam akademis dan karir. Lalu, pekerjaan rumah apa saja yang bisa Mam ajarkan sejak dini pada si Kecil? Berikut beberapa pilihan pekerjaan rumah tangga sederhana yang bisa diajarkan pada mereka.

Merapikan mainan

Anak usia dua tahun sudah bisa mulai diajarkan untuk merapikan mainannya sendiri. Mam juga bisa mengajarkan pada Si Kecil untuk merapikan sepatu dan kaus kakinya serta hal-hal sederhana lainnya. Kegiatan ini sepintas terlihat ringan dan mudah, namun sebenarnya bisa sekaligus melatih kemampuan motoriknya dan membuatnya menjadi mandiri.

Merapikan pakaian

Di atas usia dua tahun, Si Kecil sudah bisa diajari untuk meletakkan pakaian ke lemarinya dengan baik, juga meletakkan pakaiannya yang kotor pada tempatnya. Mam juga bisa melibatkan anak untuk memilah pakaian kotor yang berwarna dengan pakaian yang putih, kemudian membawa ke tempat cuci. Si Kecil juga sudah bisa diajarkan untuk melipat bajunya sendiri. Meski hasil lipatannya mungkin belum sempurna, setidaknya dengan mulai dilatih sejak kecil, dia akan terbiasa saat dewasa.

Mencuci peralatan makan

Mengumpulkan peralatan makannya yang kotor kemudian diletakkan di tempat cuci piring sudah bisa Mam ajarkan sejak dini. Si Kecil bisa juga mulai dilatih untuk menuang air minum sekaligus mencuci piring, sendok, dan garpunya sendiri. Tentunya berikan peralatan makanan yang berbahan dasar plastik atau melamin, bukan yang berbahan beling atau kaca.

Si Kecil juga bisa membantu menyiapkan meja makan dan membersihkan meja setelah makan. Mam pun bisa mengajarkan untuk menggunakan perabot rumah tangga, namun tentunya harus tetap dalam pengawasan. Perlu kesabaran dalam hal ini dan berikan mereka langkah-langkah singkat yang bisa mereka pahami.

Merapikan tempat tidur dan membersihkan kamar

Mam bisa mengajarkan Si Kecil untuk merapikan tempat tidurnya serta membersihkan kamarnya sendiri. Membersihkan debu dengan kemoceng di rak, cermin, menyapu, dan mengepel lantai. Untuk pertama kalinya, anak mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Ajari dia dengan telaten dan penuh kesabaran. Ini adalah hal penting dan merupakan bekal yang berguna untuk Si Kecil saat dia dewasa nanti.

Membuang sampah

Membuang sampah ke tempat sampah di luar rumah bisa mulai diajarkan sejak dini. Anak usia 4-5 tahun sudah bisa mengerti perintah sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Pekerjaan rumah ini termasuk mudah untuk dilakukan Si Kecil. Siapkan kantong plastik pengganti yang bisa Si Kecil pasang di tempat sampah. Sebaiknya muatan sampah tidak terlalu berat agar si Kecil tidak terlalu sulit untuk mengangkatnya. Hal ini bisa membuat Si Kecil belajar bertanggung jawab

Membantu pekerjaan dapur

Memotong sayuran, membantu mencuci bahan makanan, mengelap piring, dan lainnya akan membuat Si Kecil merasa memberikan kontribusi untuk keluarga. Namun, tentunya Mam harus tetap mengawasi dan memerhatikan pekerjaan anak. Sebaiknya Mam tidak memberikan pekerjaan dapur yang rumit, ya. Lalu, jangan segan memberikan pujian bila Si Kecil mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini akan dapat menambah semangatnya dalam membantu Mam.

Dengan mengajarkan berbagai pekerjaan rumah, Si Kecil pun bisa belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab. Good luck, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :