Bagaimana Cara Mengajarkan Si Kecil Dekat dengan Hewan?

Rasa cinta pada hewan bisa memberikan berbagai macam benefit pada keluarga, termasuk si kecil. Tak hanya bisa mengajarkannya rasa kebersamaan, memiliki peliharaan juga bisa melatihnya untuk merasakan empati. Tetapi, bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkannya?

Jadi Contoh yang Baik

Bila Mam ingin si kecil bisa berinteraksi dengan baik bersama binatang peliharaan, ada baiknya Mam memberikan contoh terlebih dahulu. Ketika si kecil melihat Mam memberikan kasih sayang yang tak beda dengan manusia pada binatang, ia akan bisa mencontohnya.

Jangan Pilih Kasih pada Binatang

Mam bisa memulai dengan binatang yang ada di sekitar rumah, seperti semut atau serangga. Ketika Mam harus membunuh hewan-hewan kecil tersebut, beri pengertian pada si kecil bahwa hal ini dilakukan untuk melindungi keluarga atau si kecil.

Dengan memahami hal tersebut, si kecil akan bisa mendapatkan pelajaran bahwa ia tak bisa semena-mena dengan binatang. Meski ukurannya sekecil apapun.

Bawa Mereka ke Dokter Hewan

Agar si kecil bisa merasakan empati yang lebih pada binatang, bawa mereka ke dokter hewan. Ajarkan pada mereka meskipun binatang bukan manusia, namun mereka juga bisa merasakan sakit. Bahkan, juga bisa terserang flu.

Hal ini juga bisa membuat si kecil memperlakukan binatang peliharaannya nanti dengan lebih baik. Bahkan, bila hubungan antara peliharaan dan si kecil sangat dekat, ia bisa peka bila binatang kesayangannya sedang sakit, lho Mam!

Ajak ke Kebun Binatang yang Memperbolehkan Kontak Langsung

Bila ada waktu, Mam bisa mengajak si kecil datang ke kebun binatang yang memperbolehkan pengunjungnya melakukan kontak langsung dengan hewan. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa merasakan perbedaan antara manusia dan hewan, namun tetap bisa menyayanginya.

Pelajarannya, meski berbeda tetapi si kecil tetap harus bisa saling menghargai semua makhluk hidup yang ada. Tak hanya sesama manusia.

Yang terakhir, Mam juga harus memberi perkenalan pada si kecil tentang binatang yang akan dipelihara sebelum memutuskan untuk membawanya pulang. Bacakan buku tentang peliharaan tersebut atau ajak ia menonton film dokumenter tentangnya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :