Cara Agar Tidak Membentak Si Kecil

Anak yang kerap rewel memang terkadang membuat Mam tak kuasa untuk tak membentaknya. Tetapi jangan jadikan itu sebagai kebiasaan karena bisa berdampak buruk. Lalu bagaimana caranya agar tidak membentak?

Pegang Tangannya Ketika Ingin Menghentikannya

Bila si kecil kerap berlari-lari tanpa arah di tempat umum, daripada membentaknya Mam bisa langsung memegang tangannya. Setelahnya, beri tahu dengan suara pelan bahwa si kecil tak boleh melakukannya.

Langsung Gendong Lebih Baik Daripada Membentak di Depan Umum

Apabila si kecil rewel hingga ia merajuk dan menjadi pusat perhatian, Mam bisa segera menggendongnya lalu ajak dia jalan-jalan. Biarkan saja ia terus merajuk, namun Mam tak boleh berhenti memberikan sentuhan kasih sayang.

Sentuhan-sentuhan seperti ini bisa membuat si kecil merasa bahwa meski Mam marah kepadanya, Mam tetap sayang pada dirinya.

Jangan Jadikan Bentakan Sebagai Alasan untuk Membuat Si Kecil Lebih Menurut

Banyak yang merasa bahwa ketika dibentak anak kecil akan diam dan menurut, memang hal tersebut bisa terjadi namun efek sampingnya bisa lebih mengerikan. Si kecil akan cenderung trauma pada bentakan atau malah ia akan tidak suka memperlihatkan sisi aslinya di depan Mam.

Menurut sesaat namun hubungan anak dan orang tua jadi retak untuk waktu yang lama. Mam pilih yang mana?

Posisikan Diri Sebagai Anak

Ketika Mam memposisikan diri Mam sebagai anak, maka Mam pasti akan lebih mudah untuk mengatur kata-kata dan emosi. Saat Mam kecil, Mam sendiri tentu tak suka bila dibentak bukan? Oleh karena itu, Mam juga tak sebaiknya membiasakan diri untuk membentak si kecil.

Ingat-ingat bagaimana perasaan Mam saat Mam dibentak oleh orang lain, Mam pasti merasa sedih dan merasa bahwa oran tersebut tak sayang pada Mam bukan? Apa Mam mau perasaan tersebut juga dirasakan oleh si kecil?

Hubungan antara Mam dan si kecil bisa dijalin dengan nasihat-nasihat baik yang tak memojokkan dirinya. Hal ini juga bisa membuat si kecil memiliki sifat untuk tak segera emosi ketika melihat sesuatu yang tak ia sukai. Selamat mencoba ya, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :