Mengapa Sekolah Negeri Lebih Baik Ketimbang Swasta

Mam, siapa yang tidak bangga jika anaknya bisa berhasil masuk ke sekolah negeri unggulan di kota Anda? Pasti semua orang tua akan bangga jika si kecil menjadi bagian dari sekolah negeri unggulan, selain karena memang sudah terkenal unggul, bersekolah di sekolah negeri juga memberikan keringanan biaya karena sebagian besar SPP sudah dibayarkan oleh negara. Berhasil masuk ke sekolah negeri rasanya pun seperti memiliki kebanggaan tersendiri ya, Mam? Kira-kira selain urusan biaya, apa lagi kelebihan sekolah negeri dibandingkan dengan seklah swasta? Berikut penjelasannya.

Kualitas Pendidikan di Sekolah Negeri

Sekolah negeri memang dibiayai oleh negara dan juga pemerintahan pusat atau daerah. Dari segi pengajar, sekolah negeri sebagian besar tenaganya berstatus pegawai negeri dan jika mengalami kekurangan tenaga pengajar, sekolah akan dibantu oleh guru honorer. Sehingga untuk permasalahan kekurangan tenaga pengajar bisa diatasi dengan mudah sehingga kualitas pendidikan yang akan diterima oleh si kecil pun akan tetap terjaga.

Pola Pengajaran Serta Program dan Kurikulum

Mam, sekolah negeri sudah pasti menggunakan pola pengajaran yang statis. Sekolah negeri entah itu SSN, RSBI, maupun SBI pun harus mengikuti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disamakan oleh Departemen Pendidikan. Berbeda dengan sekolah swasta yang sudah mengikuti kurikulum luar negeri seperti Cambridge, New York, Australia, New Soutg Wales, dan juga Singapura. Perbedaan Kurikulum inilah yang biasa membuat siswa sekolah swasta cenderung mengalami kesulitan ketika mengikuti ujian negara (UN) untuk kelulusannya.

Segi Finansial atau Biaya Pendidikan

Memegang predikat sekolah negeri, tentu biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan ketika bersekolah di sekolah swasta. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, secara umum biaya yang dibutuhkan oleh sekolah negeri sudah dibantu atau mendapatkan subsidi dari pemerintah termasuk biaya masuk dan juga biaya SPP. Itulah mengapa sekolah negeri jauh lebih unggul dibandingkan dengan sekolah swasta dalam segi finansial dan juga biaya pendidikan.

Nah, Mam, itulah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika memasukan anak Anda ke sekolah negeri. Sebenarnya, setiap sekolah tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Hal itu bergantung bagaimana Anda bisa pintar-pintarnya memilih sekolah terbaik untuk anak Anda. Sebelum memilih, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa pertimbangan sebelum Anda memasukkan si kecil ke sekolah, seperti:

  1. Pilihlah sekolah yang memiliki mutu dan kualitas terbaik menurut Anda.
  2. Perhatikan pula dana yang Anda sediakan untuk menyekolahkan si kecil
  3. Kondisi pribadi dan kemampuan si kecil
  4. Lokasi dan jarak tempuh dari rumah ke sekolah
  5. Lingkungan sekolah tersebut
  6. Pilihlah sekolah yang mampu membantu si kecil untuk mengembangkan karakter dan kreativitasnya.
  7. Anda juga bisa memilih sekolah yang menanamkan nilai-nilai dan akhlak yang baik.

Baca juga:

Batuk Alergi Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :