Perlukah Memarahi Si Kecil Saat Nilainya Jelek?

Melihat nilai ulangan si kecil yang jelek bisa membuat orang tua naik pitam. Namun apakah hal tersebut bisa menyelesaikan masalah?

Tak Boleh Emosi

Melihat nilai jelek bukan berarti Mam boleh emosi. Setiap orang pasti ada masanya mendapatkan hasil terburuk di kehidupannya. Mam saja bisa apalagi si kecil?

Bila Mam mendapati hal ini, sebaiknya Mam lihat terlebih dahulu kertas ulangan tersebut. Apakah si kecil berusaha menjawab dengan benar atau sama sekali tak berusaha menjawab tiap soal. Bila itu pilihan ganda, Mam bisa lihat dari pilihan jawabannya. Apakah menguasai atau tidak.

Cari Tahu Mengapa Nilainya Jelek

Setelah mendapatkan konklusi dari poin pertama, Mam sebaiknya bertanya pada si kecil dengan baik-baik. Mengapa nilainya jelek?

Mungkin saja si kecil bisa menjawab saat itu juga, seperti ia merasa tak enak badan saat ulangan atau ia lupa bila hari itu ada ulangan sehingga tidak memiliki persiapan.

Bila ia tak bisa menjawabnya, Mam sebaiknya membujuknya untuk terbuka. Bilan padanya bahwa Mam ingin tahu mengapa nilainya jelek, tidak ingin memarahinya. Hal ini bisa berdampak juga pada hubungan Mam dan si kecil ke depannya.

Dengan memiliki orang tua yang terbuka, si kecil juga akan makin mudah terbuka pada Mam ke depannya.

Coba Bicara dengan Guru

Bila sudah mendapatkan jawaban dari si kecil namun hasil ulangan kerap jelek, Mam bisa berkonsultasi pada guru. Sebaiknya, pilih wali kelas yang memahami perkembangan si kecil setiap hari, bukan guru mata pelajaran tertentu atau BK.

Jangan Lihat dari Sisi Orang Tua Saja

Bila Mam merasa sudah memberikan yang terbaik untuk si kecil tetapi si kecil nilainya tak kunjung naik, mungkin ada masalah dengan dirinya. Jangan melihat dari sisi Mam saja, tapi lihat juga dari sisi si kecil.

Mungkin, ia merasa terbebani dengan jumlah pelajaran dan les yang banyak. Mungkin ia merasa bahwa dirinya memang tak cocok dengan pelajaran tersebut. Siapa tahun?

Setelah menemukan masalah, Mam sebaiknya bekerja sama dengan si kecil untuk melakukan solusinya. Jangan biarkan ia merasa sendirian ketika ia mendapatkan nilai yang jelek, ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :