Si Kecil Suka Menggigit Temannya? Ini Cara Menanggulanginya

Memang semasa pertumbuhannya, ada-ada saja tingkah laku si kecil. Mulai dari ia cerewet, selalu memegang apa saja yang ada di depannya, bahkan hingga menggigit tangan orang lain. Mam, hal-hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah, tapi memang wajar dan pasti akan dialami oleh setiap orang tua dimanapun mereka berada.

Namun hal yang terkadang paling mengganggu adalah ketika si kecil sedang memasuki masa pertumbuhan giginya. Sering kali si kecil jadi lebih aktif dan juga memasukkan apa saja ke mulutnya untuk dikunyah. Apa anak Anda sedang dalam masa-masa gemar menggigit?  Tenang saja Mam, kami punya solusinya.

Mengapa si kecil Menggigit ?

Mam, meskipun sudah diketahui oleh orang tua, tetapi inilah alasan mengapa si kecil gemar menggigit. Ini merupakan hal yang wajar dalam perkembangan tubuh si kecil terutama pada usia 1-3 tahun. Mereka menggigit karena mereka hanya ingin menjelajahi lingkungan sekitarnya, gigi mereka mulai tumbuh, dan atau karena mereka hanya ingin mendapatkan perhatian dari Anda.

Mam, hal tersebut bukanlah hal yang salah, melainkan hal yang benar-benar wajar dan karena pada saat itu pula rasa ingin tahu dan keinginan untuk mengeksplorasi mereka sedang tinggi-tinginya. Pada saat inilah mereka sedang berusaha untuk menemukan pengalaman baru termasuk mendapat reaksi atau apa yang akan terjadi setelah ia menggigit sesuatu.

  • Jika anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan gigi, pastikan Anda sudah memiliki ring handy untuk mereka gigiti daripada harus menggigit lengan orang lain.
  • Ketika anak Anda sudah cukup umur untuk menggunakan kata untuk mengekspresikan emosi mereka berikan dorongan pada mereka untuk menggunakan kalimat seperti, ‘Aku marah’ daripada harus menggigit atau memukul.
  • Hindari hal-hal yang membuat mereka rewel dengan memastikan mereka sudah mendapatkan cukup istirahat, atau sudah makan dan minum sebelumnya. Jika memang Anda dan si kecil ingin pergi keluar, pastikan Anda membawa makanan ringan untuk mengurangi perasaan marah mereka. Mengingat perasaan amarah bisa membuat mereka menggigit sesuatu.
  • Pastikan si kecil juga sudah mendapatkan perhatian yang cukup sepanjang hari agar mereka tidak menggigit untuk mencuri perhatian Anda. Jika si kecil sudah berada di posisi fase menggigit, perhatikan selalu ketika Ia bermain dengan orang lain.

Tips Menanggulangi Anak yang Gemar Menggigit

Meskipun menggigit merupakan hal yang normal dalam perkembangan si kecil, bukan berarti Anda harus mengabaikannya begitu saja. Anda juga harus tegas kepadanya agar tidak menjadi kebiasaan. Ketika si kecil menggigit, katakan padanya dengan tegas, “Tidak, kita tidak menggigit orang lain.” Setelah itu jelaskan padanya sebaik mungkin kalau hal tersebut bisa menyakitkan orang lain. Jika si kecil justru kesal ketika diberitahu seperti itu, tunggulah hingga si kecil tenang.

Tinggalkan tradisi kuno kalau si kecil menggigit, Anda harus menggigitnya juga untuk membuatnya jera. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka si kecil hanya akan menganggap perilaku tersebut adalah hal yang normal dan terus melakukannya. Jika hal gigit menggigit ini terus berjalan hingga usia si kecil 4 atau 5 tahun, maka sebaiknya Anda meminta bantuan professional untuk menyelesaikannya.

Nah, Mam, itulah beberapa tips atau cara bagaimana menanggulangi si kecil yang gemar menggigit orang lain. Meskipun gigi si kecil tidak begitu besar, tetapi gigitannya bisa terasa menyakitkan dan menyebabkan luka. Jika hal ini terjadi, maka segeralah mencuci luka tersebut dengan sabun dan air.

Baca juga : 

Amankah Ibu Hamil Melewati Pintu Detektor?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :